Keberhasilan, Harapan dan Tantangan di 119 Tahun Kota Balikpapan

Balikpapan, balikpapan.go.id – “Momentum HUT ke-19 Kota Balikpapan selain kita peringati dengan serangkaian kegiatan perayaan, namun lebih penting lagi adalah menjadi momentum untuk meningkatkan motivasi kita semua guna membangun kota yang lebih kita cintai bersama ini.”

Demikian ajakan wali kota kepada seluruh masyarakat, pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan di Kota Balikpapan yang disampaikannya pada upacara Peringatan HUT ke-119 Kota Balikpapan yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Rabu (10/2).

Pada kesempatan yang sama walikota juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen kota yang telah bersinergi membangun kota selama ini hingga Balikpapan dapat mampu mencapai berbagai keberhasilan yang salah satunya diukur dari banyaknya penghargaan yang berhasil diraih oleh Kota Balikpapan.

Seperti diketahui sepanjang tahun 2015 hingga 2016, sejumlah keberhasilan pembangunan telah berhasil kita raih, baik di tingkat provinsi maupun nasional, di antaranya adalah Wahana Tata Nugraha, Adipura Kencana, Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI, dan predikat kota paling dicintai sedunia serta panji-panji keberhasilan pembangunan di berbagai bidang yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Semua itu dapat kita capai berkat kesadaran dan kerja keras seluruh komponen masyarakat kota balikpapan. Atas kontribusi saudara-saudara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” ujar Walikota.

“Namun demikian, saya berharap semua penghargaan itu tidak membuat kita melupakan. kenyataan bahwa masih ada tantangan dan dinamika pembangunan Kota Balikpapan yang masih menyimpan “pekerjaan rumah” yang cukup berat, kompleks dan beragam,” lanjutnya.

Tantangan di bidang perekonomian seperti kelesuan perekonomian akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional yang berimbas ke derah serta kesiapan daerah dalam menghadapi ASEAN Economic Community atau yang lebih dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) juga menjadi hal yang digarisbawahi oleh walikota.

“Menghadapi MEA, saya mengajak warga Kota Balikpapan, khususnya generasi muda untuk selalu menciptkan ide- ide kreatif dan inovatif ditengah tantangan global yang semakin kompleks. Terutama dengan dukungan teknologi informasi, yang semestinya dapat dimanfaatkan untuk menjadi pemenang dalam persaingan,” tambahnya. (hms/nov, foto: tim)