HUT Kaltim ke – 59, Balikpapan Raih 17 Panji Keberhasilan

Balikpapan, Humaspro – Upacara dalam rangka memperingati Hari jadi Provinsi Kalimantan Timur ke – 59 berlangsung di Halaman Pemerintah Kota Balikpapan. Inspektur upacara, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi membuka upacara yang dihadiri oleh ketua DPRD kota Balikpapan beserta jajaran pejabat Pemerintah Kota Balikpapan, dilanjutkan dengan penyematan panji keberhasilan yang diraih Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Upacara ini sekaligus ditujukan pada peringatan bulan K3. Secara bersamaan 30 perusahaan mendapatkan penghargaan dalam bidang keselamatan kerja.

Wali Kota dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari jadi Provinsi Kalimantan Timur ke – 59 bagi seluruh masyarakat Kaltim. Tema peringatan HUT ke- 59 Provinsi Kaltim tahun 2016 adalah “Wujudkan Kaltim Berkinerja Tinggi untuk Indonesia Sejahtera”. Tema ini memiliki kesesuaian dan mengusung semangat yang sama dengan pembangunan Kota Balikpapan tahun 2016 yaitu “ Tahun Konsolidasi dan Perubahan, Tertib, Inovasi, Pelayanan Prima, dan Cinta Balikpapan”. “Kita harus disiplin dan tegas dalam menegakan aturan. Kita juga harus berinovasi di tahun 2016 ini, serta melakukan pelayanan prima kepada masyarakat agar mereka semakin cinta kepada Balikpapan”, papar Wali kota.

Pada upacara peringatan ini, Kota Balikpapan berhasil mendapatkan 17 panji keberhasilan pembangunan, atau meningkat jumlahnya dibandingkan tahun sebelumnya, di mana Kota Balikpapan mendapatkan 16 panji keberhasilan. Adapun ke – 17 panji keberhasilan pembangunan yang diraih Kota Balikpapan tahun ini meliputi antara lain:

  1. Bidang pariwisata kategori kota
  2. Bidang kebudayaan kategori kota
  3. Bidang kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah kategori kota
  4. Bidang administrasi kependudukan kategori kota
  5. Bidang industri
  6. Bidang daya saing daerah
  7. Bidang pendidikan
  8. Bidang kesehatan
  9. Bidang hukum dan HAM
  10. Bidang pencegahan dan pemberantasan korupsi
  11. Bidang lingkungan hidup
  12. Bidang penanggulangan kemiskinan
  13. Bidang pembangunan holtikultura
  14. Bidang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba
  15. Bidang perhubungan Wahana Tata Nugraha (WTH)
  16. Bidang kwartir cabang gerakan Pramuka, dan
  17. Bidang penyenggaraan tata ruang

Secara bersamaan dalam kesempatan ini Wali Kota memberikan penghargaan kepada 30 perusahaan yang mendapat penghargaan nihil kecelakaan (Zero Accident) dalam peringatan bulan K3 tahun 2016. Di samping itu, terdapat dua perusahaan penerima penghargaan sistem manajemen K3 yaitu PT. Coca Cola distribution Indonesia dan PDAM Kota Balikpapan. Selanjutnya, ada empat perusahaan yang menerima penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di tempat kerja antara lain PT. Petrosea, TOTAL E&P Indonesie, PT. Chevron Indonesia Company, dan PT. Pertamina Refinery Unit V Balikpapan. “Saya harapkan ke depannya program K3 di semua perusahaan di Kota Balikpapan dapat terus dijalankan secara konsisten serta lebih di tingkatkan demi terwujudnya iklim bekerja yang kondusif di Kota Balikpapan”, lanjut Wali kota.

Wali Kota menambahkan belum lama ini pemerintah Kota Balikpapan mendapatkan penghargaan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, dalam bidang percepatan penerbitan izin usaha mikro dan kecil (IUMK) kepada pelaku usaha mikro dan kecil di Kota Balikpapan. (ecs/hms)