35 Rukun Tetangga (RT) Dapat Hibah Papan Informasi

Balikpapan, Humaspro – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Bagian Humas dan Protokol (Humaspro) Setdakot Balikpapan memberikan hibah berupa papan informasi untuk 35 Rukun Tetangga (RT) se Kota Balikpapan. Serah terima hibah secara simbolis yang berlangsung Sabtu (26/9) di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikapan dilakukan Kasubbag Pengumpulan Informasi & Dokumentasi Bagian Humaspro , Sherly Sustantien Totalia kepada Imam Bakero, Ketua RT 05 Kelurahan Batu Ampar.

Dalam laporannnya, Sherly mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa tahun lalu. “Tahun lalu kami berikan hibah papan informasi sebanyak 55 buah, untuk tahun 2015 jumlahnya sedikit kami kurangi yaitu sebanyak 35 buah,” ujar Sherly.

“Papan informasi ini merupakan bentuk fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah Kota Balikpapan untuk pengembangan pemberdayaan masyarakat dalam bidang pengelolaan informasi. Harapan kami masyarakat mampu membentuk kelompok-kelompok informasi yang mampu mengumpulkan, mengolah, dan memublikasikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan kelompok mereka,” terangnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bagian Humaspro Setdakot Balikpapan, Sutadi, menyatakan bahwa saat ini Pemerintah memberikan akses yang seluas-luasnya untuk keterbukaan informasi. Sutadi juga menyatakan bahwa pola arah informasi yang dikembangkan saat ini tidak lagi top-down, tetapi bersifat button-up, jadi informasi dari masyarakat sangat penting dan menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam pembuatan kebijakan.

Usai acara serah terima hibah, acara berlanjut dengan bimbingan teknis penulisan jurnalistik bagi para Ketua RT penerima hibah papan informasi. Sebagai narasumber pada bimtek Sabtu lalu adalah Sumarsono, Manager Produksi dari Surat kabar Harian Tribun Kaltim.(hms/nov, foto :rey)