DOA BERSAMA DI MASJID AL MUHAJIRIN RT. 17 SEPINGGAN BARU
 
MANTAPKAN PERSIAPAN: Dandim 0905 Kolonel Heri Setya berkomunikasi dengan warga usai doa bersama di Masjid AL MUHAJIRIN RT 17 Sepinggan Baru dilanjutkan koordinasi dengan personelnya untuk kesiapan pembukaan TMMD.
 

"Kami berharap masyarakat bisa hadir, karena TMMD ini bukan hanya program Kodim tetap program bersama-sama masyarakat. Keberhasilan program TMMD ini adalah sejauhmana peran masyarakat bersinergi dengan TNI nantinya," kata Dandium 0905 Balikpapan, Kolonel Heri Setya Kusdiantana kepada Balikpapan Pos, tadi malam.

Dandim Heri menjelaskan, pembukaan TMMD akan dimulai pukul 07.30 Wita. Setelah upacara yang dipimpin wali kota, rombongan dan satuan tugas (satgas) TMMD langsung menuju sasaran TMMD di jalan tembus Sepinggan Baru-Km 8. Namun disela-sela, rombongan akan mengunjungi warga RT 17 Sepinggan Baru yang berada dekat lokasi sasaran TMMD terlebih dahulu.

"Selain dukungan masyarakat sekitar, ada 150 orang yang terlibat dalam TMMD yakni 40 porsonel posatgas dengan rincian 15 personel kelompok komando satgas, 25 personel di tim teknis dan asistensi satgas. Sementara sisanya 110 personel dari personel gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam satgas SSK (satuan setingkat kompi)," kata Dandim Heri.

Sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan warga sekitar, 110 personel akan menginap di 17 rumah warga di sekitar lokasi TMMD yang sudah diverifikasi. "Jadi 110 personel akan tinggal bersama warga selama pelaksanaan TMMD. Inilah bentuk kebersamaan kita, semoga dengan ini semakin tidak ada jarak antara TNI dan masyarakat," ungkap mantan Dandm 0911 Nunukan ini.

Agar pelaksanaan pembukaan jalan tembus sepanjang 1.100 meter dengan lebar 24 meter ini berjalan lancar, Kodim bersama kecamatan dan kelurahan serta warga sekitar menggelar doa bersama di Masjid RT 17 Sepinggan Baru, tadi malam.

Dandim didampingi sejumlah perwiranya. "Doa bersama ini agar pelaksanaan TMMD selama sebulan berjalan lancar dan tidak menemui kendala di lapangan nantinya. Doa bersama ini sekaligus pula mengajak warga untuk ikut berperan serta mensukseskan pelaksanaan TMMD hingga tanggal 19 Oktober mendatang," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Balikpapan Selatan Masrani Subiyani mengimbau warga Sepinggan Baru dan Sepinggan yang domisilinya berdekatan dengan lokasi TMMD untuk ambil bagian membantu para TNI-Polri membuka jalan tembus. "TMMD ini utamanya adalah kesinergiaan, perlu dukungan masyarakat khususnya di lingkungan sekitar TMMD. Jika warga yang lain ingin bergabung, jelas semakin menambah kesukseskan TMMD itu sendiri," singkat Camat Masrani.

Hal sama juga dibeberkan Lurah Sepinggan Baru Qomar Setyawan. Bahkan dia memberikan apresiasi kepada sejumlah ketua RT di sekitar lokasi TMMD yang begitu antusias ingin bergabung dan bahu membahu ke lokasi membantu para TNI. "Semuanya sudah dikomunikasikan, hingga pertemuan terakhir dengan Kodim, kecamatan, kelurahan dan warga di sini (Sepinggan Baru). Alhamdulillah, antusias warga bergabung di kegiatan TMMD sangat besar," pungkas Qomar didampingi Babinsa Serda Heru Budi