Wali Kota : Saya Ingin Pemuda Balikpapan Jadi Agen dan Motor Penggerak Perubahan

Balikpapan, balikpapan.go.id – “Sejalan dengan semangat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016 ini, Saya pun ingin mengajak pemuda Kota Balikpapan untuk menjadi agen dan motor penggerak perubahan, khususnya dengan memanfaatkan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi,” demikian disampaikan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi dalam pidatonya pada upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan Jumat (28/10) pagi tadi.

Lebih lanjut Wali Kota menyampaikan ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi “pertarungan” masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia. Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional.

Pada kesempatan ini Wali Kota juga menyampaikan ucapan selamat kepada dua orang pemuda Balikpapan yang berhasil menorehkan prestasi di tingkat regional maupun internasional.

“Melalui kesempatan ini saya juga menyampaikan ucapan selamat kepada Saudara Umar Adi, Sekretaris Kelurahan Klandasan Ulu yang meraih Juara Kedua Penghargaan Borneo Innovation Award tahun 2016 dari Gubernur Kalimantan Timur, atas Inovasi Mantap (Manajemen Terpadu Administrasi Pelayanan Kelurahan),” ujar Wali Kota.

“Saya juga menyampaikan selamat kepada  Saudara Pandu Dharma Wicaksono yang menerima penghargaan sebagai Pemuda Berprestasi Internasional, dan berkesempatan langsung menerima penghargaan tersebut pada acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016 yang dipusatkan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah,” lanjutnya.

Usai menyampaikan sambutan, sebagai rangkaian upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016, Wali Kota juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman di Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) antar Kepala BNN Kota Balikpapan dengan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Balikpapan, Ketua KNPI Kota Balikpapan, Karang Taruna Kota Balikpapan, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Balikpapan, dan Forum Duta Wisata Balikpapan.

Juga dilakukan pengumuman dan penyerahan Jura Lomba Kelurahan BERSINAR (Bersih dari Penyalahgunaan Narkoba) tahun 2016. Para pemenang lomba tersebut adalah :

  1. Juara I Kelurahan Graha Indah
  2. Juara II Kelurahan Manggar Baru
  3. Juara III Kelurahan Klandasan Ulu
  4. Juara Harapan I Kelurahan Baru Tengah
  5. Juara Harapan II Kelurahan Gunung Sari Ilir
  6. Juara Harapan III Kelurahan Lamaru.

(hms/nov, foto: rfk)