Tragedi jebolnya Bozem

SUNGAINANGKA - Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan pada Selasa (1/11) mengakibatkan banyak daerah yang terendam banjir, salah satunya daerah Kelurahan Sungainangka Kecamatan Balikpapan Selatan yang menjadi daerah yang terparah terendam banjir.

 

Tanggul Bozem yang berada di depan Perumahan Bukit Damai Sejahtera II (BDS II) hancur karena tidak sanggup menampung debit air yang sangat banyak sehingga mengakibatkan perumahan warga yang ada di sisi kiri perumahan BDS II terendah air dengan ketinggian kurang lebih 1,5 meter.

 

Selain dari debit air yang besar, tanggul yang dibuat juga kurang memadai karena terbuat dari tanah, ditambah lagi bozem tersebut sudah banyak ditumbuhi tanaman sehingga mengakibatkan kurangnya daya tampung tersebut ditambah lagi aliran parit yang kecil sehingga tidak memadai dengan debit air yang besar.

 

Warga Kelurahan Sungainangka yang menjadi korban jebolnya tanggul bozem BDS II nampak menjemur kasur dan membersihkan rumah setelah air surut. salah seorang warga mengatakan "hancur pak semuanya mesin cuci, kulkas, tv, kasur semua pak tidak ada yang tersisa semua terendam pak"

 

Setelah banjir mulai surut warga secara bersama-sama membersihkan aliran parit yang terhalang oleh sampah dan batang pohon yang di komando langsung oleh Lurah Sungainangka dan Ketua RT setempat.