Muspida Ajak Seluruh Unsur Masyarakat Pertahankan Keamanan Balikpapan

Balikpapan, balikpapan.go.id – Dalam acara Silaturahmi Muspida Kota Balikpapan dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Organisasi Kemasyarakatan Kota Balikpapan yang digelar di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan, Kamis (10/11), baik Wali Kota, Kapolres, Dandim 0905, dan Danlanud Balikpapan mengajak agar seluruh elemen masyarakat di kota ini dapat selalu menjaga kondisi keamanan dan kenyamanan Kota Balikpapan yang telah terwujud selama ini.

“Ya, seperti kita ketahui dari media, situasi bangsa saat ini masih ada beberapa permasalahan. Maka bertepatan dengan Hari Pahlawan, hari ini Saya mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk berbuat baik untuk bangsa, terutama Kota Balikpapan,” ujar Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

“Terima kasih Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat, dalam Aksi Damai tanggal 4 November lalu, meski di Jakarta Aksi Damai 4 November berujung dengan kericuhan, tetapi Alhamdulillah Aksi Damai yang di gelar di Balikpapan tetap berlangsung tertib dan aman. Hal ini juga tidak lepas dari upaya Pak Kapolres Balikpapan dan jajarannya yang terus mengawal Aksi Damai 4 November agar berlangsung tertib dan aman. Mungkin hanya satu-satunya di Indonesia, ya di Balikpapan ini Aksi Damai 4 November lalu tidak pakai longmarch tetapi terpusat di satu titik,” lanjut Rizal.

Senada dengan yang dikatakan Wali Kota, dalam arahannya Dandin 0905 Balikpapan Letkol Inf. Heri Setia Kusdiantara menuturkan apresiasinya kepada segenap warga Balikpapan yang mampu menjaga kondisi kota tetap aman, tertib dan nyaman ditengah keberagaman penduduknya.

“Balikpapan ini mininya Indonesia, penduduknya beragam tetapi bisa mempertahankan kemanan kotanya. Aman dan nyamannya Balikpapan tidak lepas dari dukungan para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat yang ada di kota ini. Atas nama pribadi dan kesatuan yang bertugas, Saya mengucapkan terima kasih atas kondusivitas dan keamanan kota yang tercipta di Balikpapan,” tutur Letkol Heri.

“Saya terus mendoakan agar Balikpapan tetap aman dan nyaman serta bisa menjadi contoh dan cermin bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia. Apabila ada pihak-pihak yang menhasut dan bertindak provokatif di sekitar Bapak/Ibu sekalian agar jangan mudah terpancing,” lanjutnya.

Sementara itu dalam forum silaturahmi ini Kapolres Balikpapan, AKBP Jeffri Dian Juniarta meminta kepada segenap hadirin untuk selalu waspada dan peduli terhadap lingkungannya.

“Permasalahan-permasalahan di Balikpapan yang cukup memprihatinkan saat ini antara lain narkoba, tindakan cabul terhadap anak dibawah umur, dan ngelem di kalangan pelajar,” terang AKBP Jeffri.

“Memang era globalisasi ini telah membawa kita pada sifat individualistis, kita lebih sering main hp, whatsapp daripada silaturahmi dengan tetangga. Bisa kejadian, kita tidak tahu kalau tetangga atau rumah sebelah kita ternyata sarang perjudian, narkoba, dan sebagainya.  Dari media sosial kita juga mudah membaca postingan yang belum tentu benar,” imbuhnya.

“Untuk itu tidak ada salahnya kita galakkan lagi Siskamling. Saya usulkan Pak Wali, untuk diadakan lagi lomba siskamling supaya keamanan lebih terjaga. Saya titipkan keamanan Kota Balikpapan kepada Bapak/Ibu sekalian,” pungkasnya. (hms/nov, foto: fit)