Upacara HUT Ke-45 KORPRI, Wali Kota Beri Sejumlah Wejangan

Balikpapan, balikpapan.go.id – Di hadapan ratusan peserta upacara Peringatan  HUT ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2016 yang digelar Selasa (29/11) Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi memberikan sejumlah pesan yang berkaitan dengan kinerja aparatur pemerintah.

Sebagai Dewan Pembina KORPRI Kota Balikpapan, Rizal menggarisbawahi beberapa hal yang  patut menjadi perhatian aparatur sipil negara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seperti disiplin, inovatif, bersih dari pungli, dan tidak terlibat narkoba.

“Saya berharap seluruh anggota KORPRI tetap menjunjung tinggi kedisiplinan dan profesionalisme. Hal ini karena kedisiplinan dan profesionalisme aparatur negara merupakan salah satu indikasi tinggi rendahnya kualitas kinerja anggota KORPRI. Di samping itu, faktor lain yang juga sangat penting sebagai penunjang kualitas kinerja aparatur adalah perubahan mental dari birokrat penguasa menjadi abdi masyarakat, yakni melayani bukan dilayani,” ujar Rizal.

“Presiden juga telah menyerukan untuk pemberantasan pungutan liar (pungli). Untuk itu lakukan terus pengawasan internal guna menghindari praktik kecurangan yang dilakukan oleh aparatur seperti memungut pembayaran yang tidak resmi atau tidak diatur dalam peraturan  berupa uang atau fasilitas dari masyarakat saat memberikan pelayanan publik,” lanjutnya.

“Di tengah-tengan kondisi keuangan negara yang kurang baik dan terbatasnya anggaran pemerintah dalam kegiatan pembangunan saat ini, Saya berharap anggota KORPRI dapat lebih kreatif, profesional, dan inovatif dalam menyusun program dan kegiatan sehingga benar-benar tepat sasaran sesuai dengan prioritas yang paling dibutuhkan oleh warga dan Kota Balikpapan. Kepentingan prioritas pembangunan kota lebih diutamakan dengan mengurangi atau bahkan menghapuskan program dan kegiatan yang belum termasuk dalam skala prioritas.”

“Beberapa hari lalu kita juga menerima penghargaan dari BNN. Tetapi ternyata ada beberapa anggota KORPRI Kota Balikpapan yang kedapatan menggunakan narkoba. Tentu saja hal ini sangat memprihatinkan. Saya minta kita sama-sama jauhi narkoba,” imbuh Rizal.

Tidak hanya memberikan sejumlah wejangan kepada segenap anggota KORPRI yang hadir di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, pada kesempatan yang sama Wal Kota juga memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada sejumlah anggota KORPRI Pemerintah Kota Balikpapan yang mendapatkan penghargaan dari KORPRI atas prestasinya baik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, berhasil membuat inovasi pelayanan maupun berprestasi di bidang keagamaan dan keolahragaan.

Para penerima penghargaan tersebut antara lain :

  1. Chairi Anwar, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikppan yang berhasil meraih presatsi terbaik respon tercepat di bidang pelayanan pengaduan masyarakat Kota Balikpapan
  2. Herda Widayati (Sekretaris BPKAD) sebagai PPID Pembantu berkinerja terbaik
  3. Asdar (Staf Bappeda) sebagai Petugas Informasi berkinerja terbaik dalam implementasi UU 142008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
  4. Jainun Jariah (Kasi Kesos Kelurahan Sungai Nangka), terbaik dalam penyaluran dan pembayaran harga tebus beras Raskin Tingkat Kota Balikpapan.
  5. H. Saefudin dari BMP2KB , terbaik Qori Tartil Quran MTQ KORPRI Tingkat Nasional
  6. Angga Cahya (Staf Disporabudpar), atlet Boulder Tim Campuran Cabor Panjat Tebing PON Jabar 2016.
  7. Rubangi (Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukcapil) sebagai Pejabat Pencapil Berprestasi Ke-2 se-Kaltim tahun 2012, Program Akta Kelahiran online dengan Rumah Sakit dan Puskesmas tahun 2015, dan Program Akta Kematian online di Kelurahan tahun 2016
  8. Umar Adi Dari Kelurahan Klandasan Ilir Prestasi Terbaik Juara 2 Kompetisi Inovasi Pasca Diklat (SINOPADIK) Regional Kalimantan
  9. Priharto, Dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Meraih Prestasi Terbaik, Juara 2 Kompetisi Inovasi Pasca Diklat (Sinopadik) Regional Kalimantan

Dalam rangkaian upacara tersebut Wali Kota didamping Wakil wali Kota dan Sekretaris Daerah Kota Balikpapan menyerahkan tanda jasa Satya lencana Karya Satya dari Presiden kepada 141 aparatur Pemerintah Kota Balikpapan yang telah mengabdi selama 10, 20 , dan 30 tahun. (hms/nov, foto : rey)