Dewan Apresiasi Kegiatan Nusantara Bersatu, tak Apa-apa Ujian Semester Dimundurkan

Terkait instruksi walikota Balikpapan kepada Dinas Pendidikan Kota Balikpapan untuk mengikutsertakan pegawai dan guru serta siwa SLTA/sederajat sebanyak 3.500 orang dalam “Kegiatan Nusantara Bersatu”, Rabu (30/11/2016), mendapatkan apresiasi dari DPRD Balikpapan.
Kendati pelaksanaan “Kegiatan Nusantara Bersatu”, Rabu (30/11/2016), bertepatan dengan diselenggarakannya ujian Semester 1, namun Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh memandang hal tersebut tidak menjadi masalah.
Abdulloh menilai, pelaksanaan ujian semester merupakan jadwal regional yang dapat ditunda pelaksanaannya selama 1 hari saat “Kegiatan Nusantara Bersatu” digelar.
Dengan dimundurkannya ujian semester selama 1 hari, siswa tidak akan dirugikan. Siswa tetap masih bisa melaksanakan ujian tersebut pada hari berikutnya.
“Ujian semester tersebut merupakan jadwal regional, kebijakan internal masing – masing daerah yang menjadwalkan, jadi kalau pun ditunda 1 hari tidak menjadi masalah, ini kan demi kebangsaan nasional,” katanya.
Menurutnya, apel kebangsaan ini dipandang perlu. Pasalnya kegiatan ini dilaksankan serentak di seluruh Indonesia.
Terlebih NKRI saat ini tengah digoncang oleh beberapa masalah gangguan – gangguan dari luar maupun dari dalam yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.
“Jadi ini merupakan hal yang penting sekali, apa artinya kegiatan yang lain kalau tidak bersatu, kebangsaan dan persatuan itu juga lebih penting, kita tidak akan bisa membangun bangsa ini kalau tidak bersatu, ”katanya.
Disampaikannya, kegiaan Nusantara Bersatu merupakan imbauan nasional untuk antisipasi unjuk rasa 2 Desember terkait dengan dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
“Cukup di Balikpapan dengan demo yang arif kemudian tidak diiringi dengan anarkis,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama Abdulloh juga turut menyuarakan dan mengimbau kepada masyarakat untuk dapat berperan serta dalam kegiatan “Kegiatan Nusantara Bersatu” tersebut.
“DPRD mendukung, Kami juga akan mengerahkan masing – masing konstituen untuk bisa hadir di Lapangan Merdeka bersama-sama, demi kebangsaan persatuan dan kebangsaan kita,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim