Nusantara Bersatu, Balikpapan Cinta Damai

Balikpapan, balikpapan.go.id – Ribuan orang yang berasal dari berbagai elemen masyarakat yang ada di Kota Balikpapan, Rabu (30/11) memadati Lapangan Merdeka untuk mengikuti kegiatan Nusantara Bersatu yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan kegiatan Nusantara Bersatu yang bertema Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhinneka Tunggal Ika bertujuan mengingatkan kembali sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajah asing serta memupuk kembali persatuan dan kesatuan segenap komponen bangsa dalam ke Bhinekaan.

Massa yang hadir pada acara yang digagas oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo antara lain anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), anggota TNI, POLRI, pelajar, Pramuka, tokoh masyarakat, tokoh agama, seniman dan budayawan, anggota organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, masyarakat adat, paguyuban, organisasi kepemudaan, dan olahraga.

Dalam orasinya, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang hadir dan turut mengenakan ikat kepala pita merah putih menyampaikan kebanggaannya atas peran serta warga Balikpapan dalam menjaga Kota Balikpapan tetap aman, nyaman dihuni, dan kondusif.

“Saya minta semua elemen masyarakat menjaga Balikpapan agar tetap aman, tertib, dan tidak mudah dipengaruhi oleh upaya-upaya yang menggiring pada pemecah belahan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ajak Rizal.

Di akhir orasinya, Walikota mengungkapkan kebanggaannya karena peristiwa hari ini adalah peristiwa yang menyatakan rasa persatuan dan mencerminkan merah putihnya Indonesia di Balikpapan.

Berbagai atraksi persembahan dari peserta seperti marching band, Reog, pembacaan puisi, pencak silat, tari-tarian, defile kendaraan lapis baja milik TNI dan stand pameran dari Kodam VI/Mlw mewarnai kegiatan ini. Usai pelaksanaan kegiatan Nusantara Bersatu, Wali Kota diikuti anggota TNI memunguti sampah yang berserakan di Lapangan Merdeka. (hms/nov, wirf, foto : wirf)