Laporan Keuangan Tahun 2015 Pemkot Balikpapan Raih Opini WTP

Balikpapan, balikpapan.go.id – Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2015 Pemerintah Kota Balikpapan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan atas pencapaian tersebut diserahkan oleh Kepala KantorPerbendaharaan Negara Balikpapan, Rohaniah, kepada Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, usai pelaksanaan Coffee Morning, Selasa (13/12) di Ruang Rapat Bappeda Balikpapan.

Dalam sambutannya mewakili Kekanwil Dirjen Perbendaharaan Negara Provinsi Kalimantan Timur, Rohaniah menyampaikan bahwa pencapaian opini WTP merupakan prestasi yang luar biasa.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk jajaran Pemerintah Kota Balikpapan atas pencapaian ini, karena penyusunan laporan keuangan Pemerintah Daerah bukanlah usaha yang mudah dilakukan,” ujar Rohaniah.

“Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran Pemerintah Kota Balikpapan terutama untuk mempertahankannya, karena seperti kita ketahui bahwa mempertahankan suatu pencapaian jauh lebih sulit daripada meraihnya,” imbuhnya.

Rohaniah juga menyampaikan bahwa penghargaan ini pertama kali disampaikan pada acara Rakernas Akuntasi dan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Dalam kesempatan yang sama Wali Kota Balikpapan pun menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian ini.

“Penghargaan atas LKPD ini penting karena ini merupakan salah satu indikasi atas kinerja Pemerintah Kota Balikpapan. Ini juga merupakan penilaian oleh pemerintah pusat atas kinerja kita semua,” kata Wali Kota.

“Di tahun 2016 ini ada beberapa perubahan dalam tata kelola keuangan kita. Karena pada tahun ini untuk pertama kalinya kita dijadikan percontohan di Kaltim sebagai daerah yang pemeriksaan keuangannya juga dilakukan oleh akuntan publik. Di tahun yang sama pula kita harus berhadapan pada pemangkasan anggaran dari pemerintah pusat yang implikasinya pasti berdampak pada tata kelola keuangan kita,” terang Wali Kota.

“Mudah-mudahan kita bisa terus mempertahankannya dan menjadi motivasi bagi kita semua,” pungkas Wali Kota. (hms/nov, foto : rfk)