Balikpapan Raih WTN Bersama 47 Kabupaten/Kota Se-Indonesia

Jakarta, Diskominfo - Balikpapan menjadi salah satu dari 47 Kabupaten/Kota di Indonesia yang pada tahun 2017 ini meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI dan Menteri Perhubungan di Istana Wakil Presiden RI di jakarta, Selasa siang (31/1).

Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan kota yang mampu menata dan meningkatkan kinerja sistem transportasi perkotaan, sehingga tercipta lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan, dan menjamin kesetaraan.

Berdasarkan rilis dari Kementerian Perhubungan, proses penilaian telah dilakukan pada tahun 2016 yang melibatkan panitia tingkat provinsi, Nasional, dan akademisi. Dari penilaian tersebut terpilihlah 11 Provinsi penerima penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha. 2 kota penerima Piala Penghargaan Wahana Tata Nugraha Kencana, 47 kota penerima Penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha, 5 kota penerima Penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha Kategori Angkutan,  114 kota penerima Penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha Kategori Lalu Lintas, dan 57 kota penerima Plakat Penghargaan Wahana Tata Nugraha.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam sambutannya memaparkan betapa pentingnya angkutan sebagai kebutuhan pokok dibidang transportasi yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Ukuran baik buruknya sistem transportasi setidaknya ada 2 kriteria, yaitu kelancaran dan keamanan.

“Kelancarannya dapat dihitung berapa kilometer atau jam kecepatan rata-rata yang bisa ditempuh di dalam kota. Sedangkan ukuran yang kedua adalah tingkat kecelakaan, tahun lalu terjadi kenaikan tingkat kecelakaan. Jumlah kecelakaan yang terjadi pada tahun 2016 lalu secara nasional mencapai 100.000 kecelakaan. Sedangkan jumlah korban jiwa yang meninggal di jalan raya mencapai lebih dari 23 ribu jiwa, atau meningkat hampir 1000 orang lebih banyak dibandingkan dengan tahun yang lalu. ,” Ungkap Wapres

Berdasarkan fakta tersebut tentu masih banyak hal yang harus diperbaiki dari sistem transportasi di Indonesia. Setidaknya ada 8 faktor yang mempengaruhi baik tidaknya sistem transportasi yang dipaparkan oleh Wapres.

“Faktor yang pertama adalah jumlah penduduk, yang kedua adalah jumlah kendaraan, yang ketiga adalah pertumbuhan ekonomi, yang keempat adalah infrastrukturnya, yang kelima adalah berapa besar kapasitas angkutan umum yang ada, yang keenam adalah traffic management, yang ketujuh adalah disiplin masyarakat, dan yang kedelapan adalah disiplin petugas,” papar Wapres.

Selain menyerahkan penghargaan Wahana Tata Nugraha, pada saat yang sama Wakil Presiden dan Menteri Perhubungan juga menyerahkan penghargaan kepada Perusahaan Angkutan Umum Orang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), dan Angkutan Pariwisata dalam memberikan pelayanan terbaik 2016, dan penghargaan kepada Perusahaan Penyedia Jasa Penyeberangan Berkinerja Terbaik 2016.

Menteri Perhubungan bapak Budi Karya Sumadi berharap dengan adanya penghargaan ini dapat memberikan motivasi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan transportasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Sehingga, manfaatnya dapat dirasakan oleh semua masyarakat. (Diskominfo/mgm)