Pengembangan Destinasi Wisata Teluk Seribu Telah Dimulai

Balikpapan, Diskominfo - Destinasi wisata baru akan segera hadir di kota Balikpapan yang saat ini masih dalam persiapan. Tempat wisata baru ini adalah Kampung Warna Warni Teluk Seribu Kota Balikpapan.

Kawasan yang berada di Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikppan Timur ini sebenarnya kampung nelayan yang lokasinya persis berada di sekitar Jembatan Mangar hingga Pasar Menggar. Tempat ini nantinya akan disulap oleh Pemerintah Kota Balikpapan bersama stakeholeder terkait untuk menjadi tujuan baru para wisatawan yang akan berkunjung ke Balikpapan.

Persiapan untuk mengembangkan Kelurahan Manggar Baru menjadi salah satu destinasi wisata baru, diawali dengan seremonial pengecatan area lokasi yang dilaksanakan pada Minggu pagi (5/2) pada area yang akan menjadi Kampung Warna Warni Teluk Seribu. Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, Dandim 0905 Balikpapan, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Ketua Panitia HUT Ke-120 Kota Balikpapan, unsur Camat dan Lurah, beserta Pimpinan Avian Brand selaku sponsor.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Oemy Facessly mengatakan dalam pembentukan kawasan wisata Kampung Warna Warni Teluk Seribu ini sebanyak 235 unit rumah akan dicat, “Pengecetan ini ditargetkan rampung  tanggal  28 Februari.” kata Oemy pada acara pengecetan hari ini (5/2).

Oemy mengatakan, proses pengerjaannya akan melibatkan seniman Balikpapan dan para pelukis yang akan membantu menghias dinding dengan lukisan dan ukiran,

“Kampung Warna Warni Teluk Seribu ini akan memjadi kado spesial untuk Balikpapan yang tanggal 10 Februari nanti memasuki usia ke 120,” lanjut Oemy.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi yang hadir pada kegiatan ini berharap agar destinasi baru ini terus dikembangkan sehingga dapat menarik warga lokal, nasional maupun Internasional untuk berkunjung ke Kota Balikpapan.

“Hampir di seluruih dunia saat ini sedang gencar membangun Pariwisata, karena sektor pariwisata tidak akan ada habisnya,” ungkap Rizal.

Selain mengembangkan destinasi baru, lanjut Rizal, Pemerintah Kota Balikpapan juga harus mengembangkan potensi wisata yang secara tidak langsung telah berkembang di masyarakat, seperti pasar ikan di Kelurahan Manggar.

”Contohlah Australia yang menjadikan pasar ikan sebagai tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan.” kata Rizal.

Salah satu indikator yang mempengaruhi pengembangan pariwisata adalah tingkat kepercayaan wisatawan terhadap daerah tujuan. Sedapat mungkin daerah tujuan wisata harus menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan. Syarat tersebut mutlak harus dilaksanakan guna menciptakan kesan yang baik bagi para wisatawan.

 “yang penting kita harus menjaga kepercayaan para turis, adakanlah pelatihan kepada masyarakat sekitar dalam menghadapi para turis dan wisatawan, keselamatan juga sangat penting dalam pariwisata ini, siapkan jaket keselamatan sebanyak jumlah penumpang,” tambah Rizal.

Rizal berharap sebagai tujuan akhir dari pengembangan destinasi wisata Kampung Warna Warni Teluk Seribu, adalah dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Balikpapan yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar.”Mari kita jaga keamanam di daerah ini, jika pengunjung merasa aman itu akan sangat baik untuk kedepannya,” pungkasnya. (Diskominfo/ydi/mgm  Foto: ydi)