Hari Peduli Sampah Nasional, Cegah Sampahmu Ke Laut

Balikpapan, Diskominfo – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan melaksanakan kerja bakti massal membersihkan pantai dari sampah, Sabtu (18/2/2017).

Kegiatan tersebut dipimping langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan Ilyas Asaad selaku staf ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Pantai Monpera Balikpapan. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai komponen antara lain masyarakat, TNI/POLRI, Ormas, komunitas peduli lingkungan, pelajar, Rukun Tetangga (RT), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kelurahan, kecamatan, hingga pihak swasta yang berada di sekitar pantai.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Kota Balikpapan untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan terutama kebersihan pantai. “Kami sangat mengharapkan dukungan segenap elemen masyarakat dan komunitas peduli lingkungan untuk turut menjaga kebersihan lingkungan terutama di pantai,” jelas wali kota.

Dengan tema “Cegah sampahmu ke laut, kelola sampahmu lebih baik,” kegiatan kerja bakti massal tersebut dilaksanakan serentak di sembilan titik lokasi  pantai yakni Pantai Melawai, Kilang Mandiri, Kemala Beach, Monpera, Klandasan, Wisma Segara, Stalkuda, Auri, dan Manggar.

Masing-masing lokasi kegiatan bersih-bersih pantai tersebut telah disediakan truk sampah dan pembagian kantong sampah agar para peserta dapat memungut sampah yang berada di pantai. “Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari program pengurangan sampah ke laut yang juga merupakan tema dari Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2017 yakni cegah sampah ke laut,” jelas Suryanto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan. (Diskominfo/met)