Disdukcapil Balikpapan Ranking 4 Role Model Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia

Jakarta, Diskominfo - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan meraih peringkat keempat sebagai unit pelayanan publik terbaik Role Model diantara 59 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Apresiasi terhadap pencapaian ini diberikan oleh Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur kepada Kepala Wali Kota Balikpapan dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan sebagai Pembina dan Pimpinan Penyelenggara Pelayanan Publik Role Model yang dinilai telah memberikan pelayanan publik dengan baik, di Kantor KemenPANRB Jakarta, Kamis pagi (2/3/17).

Menteri PANRB Asman Abnur dalam sambutannya mengatakan, penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi kepala daerah dan unit penyelenggara pelayanan publik yang memiliki komitmen tinggi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di daerahnya.

Dalam penghargaan ini Disdukcapil Balikpapan meraih penilaian dengan predikat sangat baik berdasarkan  hasil evaluasi pelayanan publik yang dilakukan oleh  KemenPANRB pada Tahun 2016.

Adapun tujuan evaluasi ini adalah untuk melihat sejauh mana implementasi kebijakan UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yang diterapkan oleh Kabupaten/Kota di Indonesia, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan sehingga mendorong unit pelayanan publik memberikan pelayanan prima.

"Bagi unit penyelenggara pelayanan yang meraih predikat sangat baik diharapkan menjadi percontohan bagi unit penyelenggara pelayanan publik lainnya. Sedangkan daerah yang belum meraih predikat sangat baik, semoga mendapat motivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan," ungkap Menteri Asman.

Sementara itu Deputi Pelayanan Publik KemenPANRB Diah Natalisa mengatakan evaluasi yang dilakukan oleh KemenPANRB meliputi 6  aspek, yaitu standar pelayanan, maklumat pelayanan, survei kepuasan masyarakat, pengelolaan pengaduan, inovasi pelayanan publik, dan sarana prasarana.

"Adapun fokus evaluasi yang dilakukan oleh KemenPANRB berada pada 3 lokus, yaitu RSUD, Disdukcapil, dan PTSP," ungkap Diah.

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap 59 Kabupaten/Kota Role Model terdapat 15 unit Penyelenggara Pelayanan Publik pada masing-masing lokus yang masuk dalam 5 besar kategori A (sangat baik).

Menanggapi atas diraihnya penghargaan ini, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan Chairil Anwar mengatakan akan berusaha mempertahankan prestasi yang telah diraih dengan senantiasa meningkatkan mutu pelayanan publik melalui beragam inovasi pelayanan.

Selama ini masyarakat telah dimudahkan oleh beragam inovasi di bidang administrasi kependudukan dan catatan sipil, seperti aplikasi pengecekan KTP Elektronik dan pelayanan satu hari. "Kita berusaha melaksanakan semangat dari motto yang digalakkan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, yakni membuat masyarakat tersenyum dan bahagia atas pelayanan kependudukan dan catatan sipil" kata Chairil.

Chairil berharap agar pencapaian yang diraih oleh Disdukcapil dibidang pelayanan publik dapat diikuti oleh unit pelayanan publik lain di Pemerintah Kota Balikpapan. "Sesuai dengan harapan Pak Wali, kedepannya semua unit pelayanan publik menekankan pelayanan prima melalui inovasi," pungkasnya.

Selain Disdukcapil, RSUD Balikpapan juga meraih penghargaan sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori "A" dari KemenPANRB. (mgm/Diskominfo)