Wali Kota Dukung Aksi Perubahan Iklim

Balikpapan, Diskominfo - Pemerintah Kota Balikpapan mendukung pelaksanaan Switch Off Earth Hour 2017 Shine a Light On Climate Change, pada Sabtu (25/3/17) malam. Pada even ini masyarakat diimbau agar berpartisipasi melalui aksi nyata dengan memadamkan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan selama satu jam sebagai simbol aksi kepedulian dan komitmen untuk penurunan laju perubahan iklim.

Di Balikpapan, Even Earth Hour 2017 dipusatkan di kawasan Pasar Segar melalui seni dan budaya yang melibatnya anak-anak muda, serta memadamkan lampu di kawasan ini selama satu jam, yakni dari pukul 20.30 hingga 21.30 WITA.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang menjadi Duta Earth Hour 2017 Kota Balikpapan mengatakan kepedulian terhadap lingkungan sekitar sangat dibutuhkan mengingat masyarakat masih dihadapkan pada keterbatasan energi, seperti air dan listrik.

"Oleh karena itu saya sangat bangga kepada anak-anak muda Balikpapan yang mencintai bumi," ungkap Wali Kota saat memberikam sambutan pada acara Switch Off, Sabtu malam (25/3).

Pada kesempatan tersebut Wali Kota mengajak seluruh warga Balikpapan untuk bersama-sama melakukan aksi hemat energi demi kehidupan bumi di masa depan.

"Mari kita bersama-sama hemat energi, matikan lampu jika tidak digunakan serta menghemat penggunaan air," ungkap Wali Kota.

Sementara itu koordinator Earth Hour Balikpapan Yoga Pratama mengatakan aksi Earth Hour bukan hanya sekedar mematikan lampu selama satu jam. Tahun ini Earth Hour di Indonesia mengajak satu juta individu bergabung dalam gerakan sejuta aksi, yaitu menjadikan 1 juta kaos bekas sebagai tas yang dapat digunakan berulang (reusable bag) dalam upaya mengurangi penggunaan kantong plastik.

Pada Earth Hour 2017 ini, setidaknya 10 lokasi strategis di Kota Balikpapan yang berpartisipasi memadamkan lampu, yaitu Balikpapan Islamic Centre, Masjid Agung AT-Taqwa, Taman Bekapai, Pasar Segar, Gedung Telkom, Bank Indonesia, Gedung Klandasan, Taman 3 Generasi, Tugu Adipura, dan Kantor Wali Kota Balikpapan. (mgm)