April 2018, 50 Kapal dari 29 Negara Akan Berkumpul di Teluk Balikpapan

Balikpapan, Diskominfo – Provinsi Kalimantan Timur akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan event berskala Internasional, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018. Salah satu event multilateral yang digelar TNI AL tiap dua tahun sekali ini, rencananya akan digelar di Teluk Balikpapan, April 2018 mendatang.

Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Irwan S.P Siagian mengatakan, event ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI AL untuk mendukung target wisata dan promosi wilayah Provinsi Kaltim umumnya, Kota Balikpapan khususnya. Rencananya, April 2018 nanti, akan ada 50 kapal Angkatan Laut dari 29 negara akan berkumpul di Teluk Balikpapan, untuk mengikuti Komodo Exercise 2018.

”Kami pilih Balikpapan, dengan harapan dapat memberi nuansa yang berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya,” kata Danlanal, Jumat (24/3)

Kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi perkembangan industri kecil dan menengah di Kaltim. Termasuk mempromosikan dan menggaungkan nama Kaltim di mata dunia.

Hal senada diungkap Katim survey Kolonel Laut (P) Irvansyah dan Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Timur Kolonel Laut (P) Rahmat Jayadi di sela sela rapat persiapan di Ruang Rapat 1 Kantor Wali Kota Balikpapan.

Menurut Kolonel Laut (P) Irvansyah, kegiatan ini merupakan kesempatan baik bagi Kaltim untuk semakin dikenal dunia. Banyak negara yang mengikuti kegiatan tersebut, bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi produk khas Kaltim

”Dari sekian banyak peserta dari berbagai negara, pasti akan berbelanja membeli oleh-oleh. Ini merupakan kesempatan baik untuk memperkenalkan produk lokal daerah,” ujar Kolonel Laut (P) Irvansyah

Diakuinya, begitu banyak produk Kaltim, seperti tenun, batu mulia, yang diminati oleh wisatawan asing. Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait demi kelancaran kegiatan ini.

Demi kelancaran acara, lanjut Irvansyah, pihaknya  telah melakukan survei awal seperti tempat Manouvra Lapangan di perairan Selat Makassar, Area bakti sosial dan pengobatan masal di wilayah Kabupaten PPU, Kabupaten Kukar dan Kota Balikpapan sendiri.

“Dari tiap kapal yang ikut pada kegiatan ini sedikitnya akan berisi 200 personel. Dengan total kurang lebih 29 negara peserta, diperkirakan ada 8000 personel AL dari Negara asing, termasuk dari TNI AL sendiri,” ujar Irvansyah,

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang ikut hadir pada rapat koordinasi ini  berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi wisata Kaltim dan menumbuhkan perekonomian Kaltim. (mgm)