Triwulan 1 Tahun 2017, Penerimaan Retribusi 11,7 Milyar

Balikpapan, Diskominfo – Untuk memaksimalkan pendapatan daerah melalui retribusi, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan melaksanakan rapat koordinasi dan rekonsiliasi pengelolaan retribusi daerah Triwulan 1 Tahun 2017 yang dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemungut retribusi di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Sayid MN Fadli membahas tentang realisasi penerimaan retribusi pada Triwulan I Tahun 2017 dan langkah-langkah yang harus dilaksanakan oleh OPD dalam memacu target realisasi penerimaan Tahun 2017. Hingga triwulan I Tahun 2017, realisasi retribusi daerah yang telah dihimpun mencapai Rp. 11,7 Milyar.

“Capaian ini didapat dari 20 Jenis retribusi yang dipungut oleh Pemerintah Kota Balikpapan,” ungkap Assisten Tata Pemerintahan Sekretaris Daerah Saiful Bachri, seusai rapat di Ruang Rapat 1 Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa siang (4/4).

Saiful mengatakan untuk memacu realisasi penerimaan retribusi pada Tahun 2017 diimbau agar OPD pemungut retribusi agar dapat menggali secara maksimal potensi pajak yang menjadi kewajibannya, sehingga realisasi penerimaan retribusi dapat maksimal.

“Karena yang mengetahui keadaan yang sebenarnya (terhadap potensi pajak, Red) adalah OPD bersangkutan sehingga mereka sudah memahami bagaimana strategi untuk memaksimalkan target penerimaan,” papar Saiful.

Saiful melanjutkan pada APBD 2017 pemerintah Kota Balikpapan menetapkan target penerimaan retribusi daerah sebesar Rp. 68 Milyar. (Diskominfo/mgm)