13 Ribu KK Diajukan Penerima BSM

13 Ribu KK Diajukan Penerima BSM

BALIKPAPAN - Sebanyak 13 ribu Kepala Keluarga (KK) akan diajukan pemerintah kota Balikpapan, dalam daftar tambahan penerima Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) Provinsi Kaltim.

Program bantuan sosial dari pemerintah provinsi Kaltim kini mencapai 28.000 Kepala Keluarga dan akan ada tambahan 13.000 kepala keluarga, kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang juga selaku Gugus Tugas Covid -19 kota Balikpapan.

Wali Kota menjelaskan, pengajuan tambahan program bantuan sosial dari pemerintah provinsi mencapai 13.000 ribu kepala keluarga, akan difokuskan kepada warga yang tidak sempat terdata dalam daftar penerima bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19 di Kota Balikpapan.

Apabila tambahan bantuan BSM ke pemerintah provinsi Kaltim disetujui, maka akan mengurangi jumlah bantuan pemerintah kota kepada masyarakat. Karena berdasarkan aturan, bantuan tidak boleh double,ujarnya.

Wali Kota mengaku, untuk jadwal penyaluran bantuan sosial dari pemerintah kota, kini masih menunggu tahapan penyaluran BSM dari Provinsi dan BST dari Kementerian Sosial selesai dilaksanakan, sehingga bantuan tidak saling menumpuk.

Pemerintah kota berencana akan menyalurkan bantuan sosial tahap 3 dan 4 dalam bentuk uang tunai berbeda dengan tahapan 1 dan 2 yang diberikan dalam bentuk sembako. Kini masih di bahas apakah bantuan bentuk uang akan di titipkan ke Bank Kaltimtara atau langsung ke kelurahan dan RT .Apabila dibagikan dalam bentuk tunai maka bantuan yang diterima masyarakat dalam tahap 3 dan 4 yakni sekitar 450 ribu rupiah, ujarnya.

Wali Kota menambahkan, total daftar penerima bantuan sosial dari Pemerintah Kota Balikpapan tercatat mencapai 69 ribu  kepala keluarga, sedangkan yang ditangani dari Pemerintah Provinsi jumlahnya mencapai 28 ribu kepala keluarga. (Diskominfo-editor:mgm)