HUT Kodam VI Mulawarman Dua Pasar Tradisional Disemprot

BALIKPAPAN - Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam VI Mulawarman ke 62 tahun, Kodim 0905 Balikpapan melakukan penyemprotan disinfektan di dua pasar tradisional pasar Klandasan dan Pandasari Selasa (14/7/2020).

Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu upaya memerangi penyebaran virus Covid-19. Dalam penyemprotan tersebut dihadiri langsung Kodam (Dandim) 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, serta unsur unsur muspida.  Penyemprotan desinfektan tidak hanya menggunakan semprotan manual, namun juga menggunakan mobil water canon milik TNI dan armada milik BPBD.

Kodam 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarwana, mengatakan, kegiatan penyemprotan di pasar tradisional Klandasan dan Pandasari ini merupakan rangkaian HUT Kodam 6 Mulawarman.

“Penyemprotan desinfektan di pasar tradisional ini melibatkan  kepolisian, TNI,  BPBD , Dinas Perdagangan dan UPT Pasar mencapai 150 personil, “ujarnya.

Gusti menjelaskan penyemprotan desinfektan ini bentuk kepedulian TNI  mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid -19.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Kodim 0905 Balikpapan dan seluruh instansi yang membantu dalam melakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan di pasar Tradisional seperti Klandasan dan Pandansari.

“Sterilisasi di pasar tradisional ini, merupakan semangat bersama-sama dalam memerangi penyebaran Covid- 19 di Balikpapan, “katanya.

Wali Kota mengaku, pihaknya sebelumnya berencana menutup pasar Pandasari ini, dikarenakan adanya temuan pedagang positif virus Covid -19  setelah dilakukan swab. Namun urung dilakukan.

“Kami tidak akan menutup pasar Pandasari dan dipastikan itu hanya wacana. Kini langkah pencegahan adalah melakukan strelisasi dengan penyemprotan desinfektan di pasar guna memutus penyebaran virus Covid -19, “ujarnya.

Hal senada diungkapan, Perwakilan pengurus pedagang Pasar Pandasari Sahril Sanana, pihaknya sangat senang adanya penyemprotan desinfektan oleh Kodim 0905 Balikpapan ini. Karena, adanya penyemprotan ini, dapat memberikan kepercayaan kepada warga. Bahwa pasar Pandasari bebas dari virus Covid -19.

“Kami berharap penyemprotan ini sebagai bukti bahwa, pasar Pandasari bebas dari virus Covid -19. Dan kepercayaan masyarakat untuk datang ke pasar semakin tinggi minatnya, “ujarnya.  (Diskominfo/editor:mgm)