Wali Kota Menjadi Pembicara dalam Webinar Smart City Balikpapan

Wali Kota Menjadi Pembicara dalam Webinar Smart City
Balikpapan - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi turut serta menjadi pembicara dalam gelaran program Indosat Ooredoo Business Connex webinar bertajuk -Siap Hadapi Era Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Smart City Berinfrastruktur Teknologi Cerdas dan Aman- yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom Kamis siang (16-07-2020).


Selain Wali Kota Balikpapan. kegiatan ini menghadirkan pembicara lain. Yaitu: Semuel Abrijani Pangerapan. B.Sc - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo  Airin Rachmi Diany - Ketua Dewan Pengurus APEKSI (Walikota Tangerang Selatan) Arief Rachadiono Wismansyah-Walikota Tangerang Bayu Hanantasena-Chief Business Officer Indosat Ooredoo. Rama Raditya-Founder and CEO Qlue dan M Ivan Nugroho-Business Development and Channel Manager. Alibaba Cloud Indonesia.


Wali Kota Balikpapan yang juga sebagai Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan APEKSI dalam sesi webinar tersebut mengatakan program kota cerdas-smart city sangat dibutuhkan oleh seluruh daerah saat terjadinya pandemi covid-19. Hal ini karena semua daerah memerlukan teknologi untuk menjalankan pelayanan publik ditengah keterbatasan interaksi yang terjadi saat ini.  Pemanfaatan teknologi memungkinkan mengubah pelayanan publik yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka menjadi layanan daring.


Pada dasarnya hampir seluruh daerah di Indonesia telah menjalankan program smart city namun dilaksanakan secara sendiri-sendiri dan tidak terintegrasi. Untuk itu perlu dukungan dari Kementerian Kominfo agar pelaksanaan integrasi data dapat dilaksanakan secara efektif.


Wali Kota melanjutkan program smart city yang sangat mendesak untuk dikembangkan saat ini yaitu pemecahan masalah terkait big data.  Permasalahan data terkait bantuan sosial covid19 kini masih menjadi  permasalahan ketika dijalankan di lapangan. Oleh karena itu perlu dilakukan koordinasi dan sinkronisasi antar instansi serta inovasi program terkait data bantuan sosial perlu dikembangkan agar program penyaluran bansos dapat lebih optimal.


Sementara itu Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan pandemi covid-19 yang terjadi saat ini menjadi pelajaran bagi Kabupaten-Kota di Indonesia dalam mempercepat proses smart city di daerah masing-masing. Hal ini perlu dilakukan karena dengan pemanfaatan teknologi merupakan salah satu jalan untuk beradaptasi dengan kehidupan yang baru akibat pandemik. Teknologi bukan menyulitkan namun teknologi memudahkan aparatur pemerintah dalam bekerja.


Ada banyak langkah cerdas dan inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten-Kota selama menghadapi pandemi. Langkah-langah tersebut seperti membuat situs web dan media sosial khusus covid yang digunakan sebagai media penyebaran informasi terkait kebjakan covid-19 sistem pendidikan jarak jauh pasar daring UMKM digital. Semua upaya tersebut dilakukan agar pelayanan publik tetap terus dijalankan meskipun dihadapkan adanya keterbatasan akibat pandemi.