Pemkot Akan Launching Program Pangan Keluarga Kandiri Terpadu (Pagar Mantap)

Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Balikpapan akan melaunching program pangan keluarga mandiri terpadu (Pagar Mantap) di RT 33 Kelurahan Sumber Rejo, dalam waktu dekat.

Launching program Pagar Mantap masih menunggu jadwal dari Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, kata Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan Heria Prisni.

Heria menjelaskan, program Pagar Mantap akan mengambil lokasi yang menjadi pilot projet di RT 44 Kelurahan Sumber Rejo.Adapun program Pagar Mantap ini sebuah program kerja yang dinilai dapat menjaga stabilitas pasokan pangan lokal.

Saat ini mayoritas pangan lokal berasal dari luar daerah.Adapun 85 persen pengadaan pangan kota Balikpapan berasal dari luar daerah yaitu Sulawesi dan Surabaya, sedangkan 15 persen didapatkan dari dalam daerah, ujarnya.

Heria mengaku, untuk hasil pangan lokal berupa sayuran didapatkan dari daerah Balikpapan Utara, Balikpapan Timur dan Balikpapan Barat yang mana terdapat lahan seluas 20 hektare di daerah Gunung Bubukan. Adanya program Pagar Mantap dapat membantu pasokan pangan di Kota Balikpapan, sehingga  dalam menghadapi hari Besar seperti lebaran, pangan dapat tersedia dengan harga yang stabil.

Program Pagar Mantap dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang saat ini sedang digalakkan. Selain itu,  program dapat melibatkan masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan keluarga dengan menanam tanaman yang produktif di pekarangan rumah sehingga dapat mengurangi ketergantungan pangan dari luar, tegasnya. (Diskominfo editor:mgm)