Pilkada 9 Desember, 3.214 Anggota Linmas Disiapkan

Balikpapan - Pemerintah Kota melalui Satpol PP menyerahkan 3.214 anggota linmas kepada Polresta Balikpapan. Tugas linmas adalah menjaga keamanan dan ketertiban pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota 9 Desember 2020 nanti.

Sebelum serah terima BKO satuan linmas pam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan 2020,terlebih dahulu melaksanakan Apel bersama yang dihadiri perwakilan linmas, Satpol PP, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, dihalaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Rabu (02/12)

Dalam sambutanya, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjelaskan, tugas linmas adalah menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan TPS. Tugas mereka  berbeda dengan pemilu atau pilkada sebelumnya karena saat ini masih dalam masa pandemi covid-19.

“Tugas linmas tidak hanya menjaga keamanan di TPS, namun juga mengingatkan kepada pemilih untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," tegasnya.

Wali Kota menjelaskan, sebanyak 3.214 linmas, sekitar 136 anggota linmas yang reaktif  dan akan dilanjutkan dengan swab. Selain itu, terdapat 25 anggota linmas yang belum rapid test.

"Kami meminta kepada 25 linmas untuk segera rapid test, hal ini untuk keselamatan kita semua. Saudara kita yang bertugas pada 9 Desember semoga diberikan  kelancaran dibawah komanda Polresta Balikpapan,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, pihaknya berharap kepada petugas untuk menjalankan protokol kesehatan selama Pilkada nanti.

Hal senada diungkapkan, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa. Menurutnya,pesta demokrasi ini hajatan dari pemerintah,sedangkan TNI siap membantu pegamanan dengan menurunkan personilnya.Sehingga pada Pilkada 9 Desember, pesta demokrasi berjalan lancar dan aman. (Diskominfo/ editor:mgm)