Dinkes Persiapkan Vaksinator untuk Vaksinasi Februari

BALIKPAPAN - Vaksinasi Covid-19 Kota Balikpapan direncanakan Februari mendatang. Sejumlah persiapan terus dilakukan, termasuk dari sisi tenaga kesehatan yang nanti akan memberikan vaksin, atau disebut vaksinator.

Rencananya, nanti ada 47 lokasi fasilitas pelayanan kesehatan yang siap jadi tempat pelaksanaan vaksinasi di Kota Beriman. Ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Sebanyak 47 fasilitas pelayanan kesehatan ini terdiri dari 27 puskesmas dan sisanya adalah rumah sakit dan klinik lainnya. "Sampai saat ini sejumlah vaksintor sudah mengikuti workshop dan menerima sertifikat," ungkap Dio, sapaan Sri Juliarty (18/1/21).

Saat ini, total vaksinator yang sudah mengikuti workshop dan mendapat sertifikat sebanyak 117 orang. Mereka mengikuti workshop yang sementara ini sudah terlaksana dua kali. Rinciannya, pada tahap pertama ada 82 orang dan tahap kedua sebanyak 35 orang.

"Saat ini masih bersiap menunggu workshop ketiga. Kita berharap nanti bisa lebih banyak lagi vaksinator yang terlibat," sebutnya.

Sebelumnya para tenaga medis Balikpapan yang bakal menjadi prioritas vaksin Covid-19 sudah didata Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan. Ada sekira 5.759 orang tenaga kesehatan dan petugas di lingkungan kesehatan masuk dalam data tersebut.

Kota Balikpapan sendiri dijadwalkan akan mendapat giliran vaksinasi pada bulan Februari nanti. Ini sebenarnya mundur satu bulan dari rencana, pasalnya melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) disampaikan bahwa vaksin Januari 2021 akan dilaksanakan di ibu kota provinsi dan kabupaten/kota yang berbatasan langsung. (diskominfo/ ahc / editor:mgm)