Pencanangan Vaksinasi, Wakapolda Kaltim Tokoh Pertama Divaksin

BALIKPAPAN - Pencanangan vaksinasi Covid-19 telah dilaksanakan pada Jumat (29/1/21) dan secara simbolis diberikan kepada 10 tokoh Kota Balikpapan. Vaksin pertama diantaranya diberikan kepada Wakapolda Kaltim, Forkopimda, dan Ketua PCNU Balikpapan.

Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Haryanto menjadi tokoh pertama yang mendapatkan vaksinasi. Sebelum vaksinasi, calon penerima vaksin akan melalui skrining terlebih dahulu dengan menjawab 16 pertanyaan. Yang salah satunya jika tidak terpenuhi maka akan dilakukan penundaan vaksinasi.

Setelah mendapat vaksin, penerima diminta menunggu selama 30 menit untuk diobservasi guna melihat efek yang akan terjadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota, Andi Sri Juliarty mengatakan, Balikpapan mendapat 12.200 dosis vaksin. Dari 5.879 tenaga kesehatan (nakes) yang terdata, sebanyaknya 5.644 nakes yang melakukan registrasi ulang.

Tenaga kesehatan ini terdaftar dalam Sistem Informasi SDM Kesehatan Kota Balikpapan. Untuk mendukung kegiatan vaksinasi, terdapat 47 fasilitas kesehatan yang disiapkan, dengan tenaga vaksinator yang sudah mendapatkan pelatihan sebanyak 117 nakes.

”Hari senin nanti kita akan lakukan pelatihan kepada 85 orang. Untuk pelaksanaan vaksin ke masyarakat mulai bulan Februari, ” ucapnya.

Untuk percepatan vaksinasi, Dinkes untuk sementara mengurangi waktu pelayanan di Puskesmas selama 1 jam. Diketahui vaksinasi nakes Balikpapan ditargetkan selesai pada 31 Januari 2021.

Sebelumnya pada Kamis kemarin (28/01/2021) vaksinasi sudah mulai dilakukan. Menurut Dio, sapaannya, terdapat 1.352 tenaga kesehatan yang sudah mendapat penyuntikan vaksin. "Alhamdulillah dari 1.352 tenaga kesehatan yang divaksin tidak ada laporan bereaksi," tandasnya. (diskominfo/ cha/editor:mgm)