Penyusunan RKPD 2022, Tengah Dilaksanakan Musrenbang untuk Jaring Aspirasi Masyarakat

BALIKPAPAN - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Balikpapan tengah menyusun rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022. Prosesnya, telah dilakukan rapat koordinasi pembangunan tingkat kelurahan sampai akhir Januari.

Kemudian selanjutnya dilaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan untuk menjaring usulan masyarakat dari kecamatan dan kelurahan. Hasilnya akan disinkronkan dengan program dari visi dan misi wali kota baru nanti.

Hal Ini disampaikan Kepala Bappeda Litbang Kota Balikpapan, Agus Budi Prasetyo. Ia mengatakan, dengan begitu prioritas akan disesuaikan, antara aspirasi masyarakat dengan visi misi wali kota nanti.

"Karena Tahun 2022 ini nanti sebagai awal dari pelaksanaan kegiatan wali kota baru nantinya," terang Agus (4/2/21).

Nantinya penyusunan RKPD juga memperhatikan hasil evaluasi Bappeda Litbang terhadap RPJMD Wali Kota Rizal Effendi bersama Wakil Wali Kota Rahmad Mas'ud. Juga pelaksanaan APBD 2020 lalu.

"Nanti belum terlaksana disesuaikan dengan visi misi wali kota nanti. Saya juga sudah dapat arahan dari wali kota selanjutnya bahwa Covid-19 juga masih menjadi perhatian," ungkapnya.

Setelah pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan selesai, sekitar Maret diperkirakan akan dilanjutkan Musrenbang tingkat Kota. Untuk musrenbang 2021 ini, tingkat kelurahan dan Kecamatan, pihaknya meminta untuk mengundang seluruh Perangkat Daerah.

"Melalui zoom meeting. Jadi tidak terbatas seperti dahulu. Ini bisa diikuti oleh seluruh OPD supaya antara usulan masyarakat dengan apa yang ada di OPD tersebut bisa nyambung," terang Agus.

Memang Musrenbang tahun ini, mengacu surat dari wali kota, bahwa pelaksanaan diarahkan untuk menggunakan zoom meeting karena Covid-19. "Kan hasilnya juga sama. Kalau ada masyarakat gaptek atau tidak paham bisa dibantu teman-teman kelurahan. Bisa tertulis atau disampaikan langsung," pungkasnya. (diskominfo/ cha/editor:mgm)