Wali Kota Luncurkan Puspaga Harapan Unit V di Puskesmas Baru Tengah

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meresmikan Puspaga Harapan unit V di Puskesmas Baru Tengah (16/2/21). (Foto: Pael/ Fotografer Wali Kota)

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi meluncurkan Pusat Pembelajaran Keluarga, Sahabat Keluarga Balikpapan (Puspaga Harapan) Unit V yang berlokasi di Puskesmas Baru Tengah, Balikpapan Barat, Selasa (16/2/21) siang.

Puspaga Harapan ini adalah kerjasama Dinas Kesehatan dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB).

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan, dengan adanya Puspaga Harapan V ini diharapkan bisa mempermudah pelayanan DP3AKB.

"Pusat pembelajaran keluarga atau Puspaga ini tujuannya untuk melatih keluarga. Baik yang sudah berkeluarga, maupun calon keluarga," ungkapnya (16/2/21).

Ini terkait bagaimana pola asuh dan tumbuh kembang anak. Tujuannya juga untuk menghindari orangtua salah asuh terutama dalam masa tumbuh kembang anak. Oleh karena itu nomenklaturnya berada dibawah DP3AKB.

"Pembentukan Puspaga oleh bu Yuyun (Kepala DP3AKB) ini adalah salah satu yang terbaik di nasional," ungkap Wali Kota Rizal Effendi.

Berkaitan dengan Covid-19 ini, lanjutnya, diharapkan masyarakat siap dengan berbagai perubahan yang terjadi di keluarga. Karena situasi berubah total, sehingga bisa membuat keluarga makin dekat namun bisa juga ada ketidakcocokan.

"Bukan hanya protokol kesehatan, pola pengasuhan anak juga berubah. Puspaga penting kera memiliki pola pendekatan konseling dan konsultasi," ungkapnya.

Sementara Kepala DP3AKB, Sri Wahjuningsih atau akrab disapa Yuyun menjelaskan, keberadaan Puspaga, terutama dengan dibukanya Puspaga Unit V ini akan menjadi bagian dari strategi pihaknya dalam mengawal supaya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak atau dalam rumah tangga bisa ditekan.

"Karena kasusnya untuk kecamatan Balikpapan Barat, dari data kami tahun 2021 ini, laporan masuk ada tiga. Kami harap nantinya keberadaan puspaga harapan V bisa jadi bagian akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan konseling dari para psikolog kami," kata Yuyun.

Kendati begitu, lantaran adanya keterbatasan tenaga psikolog yang dimiliki, yakni baru dua orang, akhirnya harus dibagi di lima unit yang ada. "Kami jadwalkan untuk Puskesmas Baru Tengah ini mendapatkan layanan pada minggu ke-4 di hari Rabu. Mulai pukul 08.30 Wita sampai pukul 15.00 Wita," katanya.

Saat ini baru ada lima Puspaga Harapan di kota Balikpapan. Ada dua di kecamatan Balikpapan Selatan. Pertama di kantor DP3AKB, kedua di kawasan Puskesmas Sepinggan. Kemudian di Balikpapan Utara satu, Balikpapan Tengah, dan di Balikpapan Barat. (Diskominfo/ cha/editor:mgm)