Percepat Vaksinasi, Dinkes Balikpapan akan Tambah Vaksinator Lagi

BALIKPAPAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan terus berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kota Beriman. Antara lain dengan melaksanakan penambahan vaksinator atau tenaga penyuntik.

Dinkes telah menyiapkan 296 orang vaksinator, sambil terus melatih tenaga vaksinator baru. "Saat ini Dinas Kesehatan masih melatih lagi 50 tenaga vaksinator untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi," ujar Kepala Dinkes Kota Balikpapam Andi Sri Juliarty, Selasa (3/3/21).

Dio, sapaannya melanjutkan, jumlah tenaga vaksinator di Kota Balikpapan sejatinya masih minim. Terlebih Kota Balikpapan kembali mendapat jatah vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat sebanyak 9.416 dosis.

Jatah tersebut diperuntukkan bagi pelayan publik di 13 sektor, jumlah ini pun terbilang cukup banyak. Sehingga, salah satu upaya menambah vaksinator yakni mengajak klinik kesehatan untuk berpartisipasi mengerahkan nakes.

“Jadi klinik yang ada itu kita ajak. Ayo sama-sama, karena ke depan untuk masyarakat, supaya enggak tertumpuk daftar penerima vaksin,” katanya.

Adapun dalam pelaksanaannya, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan memusatkan proses vaksinasi di satu tempat yakni Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome.

Sejak akhir pekan lalu vaksnasi terus dilakukan di lokasi tersebut dan beberapa fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Ada 53 fasilitas yang juga terus melaksanakan vaksinasi, meliputi rumah sakit, klinik, dan puskesmas. (diskominfo/ cha/editor:mgm)