Distribusi Vaksin Untuk Kaltim, Balikpapan Kebagian 1.040 Vial

BALIKPAPAN - Vaksin dari Kementerian Kesehatan untuk Kalimantan Timur (Kaltim) kembali datang. Kali ini sebanyak 13.380 vial untuk Kaltim tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada Senin (15/3/21).

Vaksin sebanyak 13.380 vial ini akan didistribusikan ke kabupaten/ kota di Kaltim. Kota Balikpapan sendiri dijatah 1.040 vial yang langsung didistribusikan setelah dibawa ke Samarinda terlebih dahulu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Balikpapan, Andi Sri Juliarty menjelaskan, vaksin ini nantinya akan diperuntukkan bagi penyuntikan dosis kedua bagi petugas pelayanan publik yang belum terlayani.

"Hanya cukup untuk vaksinasi dosis ke dua pelayanan publik yang dimulai besok sampai seminggu ke depan," ujar ungkap wanita yang berprofesi sebagai dokter ini Senin sore usai Rilis kasus Covid-19 Kota Balikpapan.

Selanjutnya 1.040 vial vaksin milik Balikpapan didistribusikan malam untuk selanjutnya digunakan pada hari Selasa (16/3/21). Vaksinasi kedua untuk petugas pelayanan publik yang sempat hampir tertunda akhirnya dapat dilanjutkan.

Untuk diketahui saat ini jasa pelayanan publik yang telah divaksin sebanyak 7.983 orang atau 15,5 persen. Sedangkan untuk tenaga kesehatan sebanyak 6.130 orang atau 106.4 persen.

Sebagai informasi, pada Selasa ini dilakukan penyuntikan dosis ke dua bagi 750 guru di Balikpapan yang berlokasi di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Balikpapan Selatan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Balikpapan, dilaksanakan intens selama beberapa bulan sejak akhir Januari lalu. Vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac dan telah disuntikkan bertahap ke masyarakat Balikpapan.

Mulai dari Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) hingga pelayanan publik. Vaksin Sinovac ini telah beberapa kali datang di Bandara SAMS Sepinggan yang kemudian diteruskan ke Provinsi Kalimantan Timur. Jatah vaksin untuk Kota Balikpapan diterima dalam beberapa tahapan. (diskominfo/ cha/editor:mgm)