Wali Kota Hadiri Kongres PMII, Dilaksanakan di Balikpapan Sebagai Penyangga IKN

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi menghadiri pembukaan Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) XX di Gedung Kesenian Balikpapan, Rabu (17/3/21) siang. Tak hanya wali kota, hadir pula wali kota dan bupati se Kalimantan Timur (Kaltim).

Selain itu hadir pula Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Muhaimin Iskandar, sejumlah pejabat DPR RI, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, DPRD Provinsi Kaltim, dan lainnya.

Acara ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual melalui aplikasi video conference. Presiden Joko Widodo sempat menyampaikan bahwa ia meyakini pelaksanaan kongres ini akan memberi dampak baik dan melahirkan program-program yang baik bagi keberlangsungan NKRI.

Kegiatan ini bertemakan "organisasi maju untuk peradaban baru" dan memilih Balikpapan sebagai tempat diselenggarakannya karena merupakan kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang dalam sambutannya menyampaikan, tema tersebut dipilih karena rencana pemindahan IKN di Kaltim.

Demi Indonesia yang lebih maju dan membentuk peradaban baru, maka PMII siap mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif dan kompeten.

Menurutnya kongres ini sempat tertunda satu tahun karena terjadi pandemi Covid-19. PMII melakukan refleksi dan evaluasi, berharap Indonesia bisa kembali ke sedia kala.

"Dengan spirit kader PMII menggunakan pandemi yang terjadi sebagai lompatan untuk lebih cepat lagi dan lebih masif lagi. Sehingga kami melaksanakan kongres di enam zona," jelasnya. Zona tersebut yakni Balikpapan, Batam, Samarinda, Bekasi, Lombok, Kendari. (diskominfo/ cha/editor:mgm)