Calon Jamaah Haji Balikpapan Sudah Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Vaksin secara simbolis disuntikkan kepada dua Calon Haji Kota Balikpapan pada Minggu (22/3/21). (Foto: Satgas Covid-19)

BALIKPAPAN - Vaksinasi massal yang berlokasi di BSCC Dome pada Minggu (21/3/21) kemarin menyasar calon jamaah haji Kota Balikpapan. Mereka adalah calon jamaah haji (calhaj) yang rencananya akan diberangkatkan tahun 2021 ini.

Upaya vaksinasi ini dilaksanakan dengan harapan para calhaj ini bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini. Sejak Covid-19, rencana keberangkatan calhaj memang terpaksa ditunda. Tahun ini mereka akan ada kesempatan berangkat dengan ketentuan vaksinasi Covid-19.

Ada 530 calhaj yang akan mendapatkan vaksinasi sesuai kota. Pelaksanaan vaksinasi bagi jamaah haji ini adalah satu-satunya di Kalimantan Timur yang dilaksanakan menyeluruh sesuai kuota.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjelaskan, vaksinasi ini memang menjadi salah satu syarat dari Arab Saudi bagi calhaj yang diperkenankan masuk negara tersebut.

"Ada dua vaksinasi yang akan diterima calhaj, pertama meningitis yang memang baisa jadi syarat, kedua Covid-19. Sangat baik kita bisa melaksanakan serentak," ungkap dia.

Ia mengingatkan bahwa 28 hari ke depan akan kembali dilakukan vaksin di Dome. Ia pun menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi ini sesuai instruksi Presiden bahwa semua warga negara berusia diatas 18 tahun akan divaksin.

"479 ribuan jumlahnya di Balikpapan. Karena vaksin terbatas dan datangnya bertahap, maka kita ada tahapan dan prioritas. Pertama pelayanan publik, termasuk sebelumnya tenaga kesehatan, jumlahnya hampir 100 ribu orang," sebut wali kota.

Prioritas lainnya adalah lansia di atas 60 tahun. Jumlahnya mencapai 40 ribu orang. Sehingga ia meminta warga lainnya bersabar karena sampai saat ini baru 30 ribu vaksin yang diterima Pemerintah Kota Balikpapan.

"Jadi pelayanan publik saja belum keseluruhan. Makanya masih ada saja yang terpaparnya. Tiap hari ada petugas kesehatan, bank, TNI dan Polri maupun pegawai negeri yang terpapar. Jadi kami harap seluruh masyarakat bersabar bagi yang belum kebagian vaksin," tandasnya. (diskominfo/ cha/editor:mgm)