Wakil Wali Kota Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK, Harapkan Bisa Jadi Bekal Pencari Kerja

BALIKPAPAN - Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menghadiri pembukaan pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan UPTD Balai Latihan Kerja Industri Balikpapan di Kantor UPTD.

Pelatihan kerja yang dilaksanakan merupakan program pelatihan pipe welder, plate welder, dan pengoperasian mesin bubut. Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Provinsi Kaltim dan pihak yang terlibat dalam pelatihan ini.

Ia berharap, ditengah kesulitan masyarakat pelatihan ini bisa menjadi bekal berharga bagi para pencari kerja. "Terutama untuk menambah wawasan dan keterampilan dan menangkap kesempatan untuk terjun di dunia usaha atau dunia kerja," ungkapnya Senin (22/3/21).

Ia berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Sebab dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kaltim, ia meyakini peluang bagi tenaga kerja akan lebih terbuka lebar.

"Tinggal bagaimana kita mempersiapkan diri dengan keterampilan dan kemampuan yang memadai," ujar wakil wali kota.

Terlebih tahun 2021 ini adalah tahun pemulihan, sehingga pelatihan kerja dan peningkatan kompetensi harus digenjot lagi. Hal Ini agar kualitas maupun kapasitas angkatan kerja sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Pelatihan kompetensi semacam ini juga menyasar para angkatan kerja yang ingin berwirausaha secara mandiri. Saya pun mengingatkan bagi BLK dan stakeholder, bahwa membangun sinergi juga tak kalah penting. Khususnya dari dunia usaha dan industri sebagai pengguna tenaga kerja," tandasnya. (diskominfo/ cha/ editor:mgm)