Angka Kasus Positif Covid-19 Nakes Turun Pasca Vaksinasi

BALIKPAPAN - Satgas Covid-19 Kota Balikpapan melaporkan penambahan 27 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (29/3/21). Sedangkan selesai isolasi mandiri sebanyak 67 kasus, dan tidak ada kasus meninggal dunia.

Sejak pelaksanaan vaksinasi secara masif dan PPKM berskala mikro, tingkat terkonfirmasi kasus Covid-19 di Kota Balikpapan terlihat mengalami penurunan. Terlebih lagi pada tenaga kesehatan (nakes) Jumlah nakes terpapar jauh berkurang.

Ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Andi Sri Juliartu. Ia membeber data sejak awal pandemi Maret, hingga Desember di tahun 2020. Menurutnya jumlah terkonfirmasi positif nakes mencapai 222 kasus. Kemudian, pada Januari 2021, angkanya menurun 121 kasus.

Pada Februari 2021, angka kembali menurun ke 77 kasus. Hingga memasuki bulan Maret 2021, kasus terkonfirmasi positif pada nakes tercatat sebanyak 19 kasus. "Saat ini cakupan vaksinasi bagi tenaga kesehatan secara kumulatif diangka 106.4 persen," sebut Dio, sapaan Andi Sri Juliarty.

Angka tersebut sama dengan 6.130 capaian vaksinasi nakes dari target 5.759, atau nakes yang telah mendapatkan vaksinasi melebihi target sasaran awal. Pencapaian vaksinasi sebesar 106.4 persen tersebut berdasarkan data sementara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sejak program vaksinasi gencar dilakukan pemerintah, tingkat penyebaran Covid-19 kian menurun. Terutama di Kota Balikpapan yang salah satunya pada kalangan nakes. Angka terkonfirmasi positif turun pasca dilakukannya vaksinasi pada mereka.

Ditambahkan Ketua Tim Vaksinasi RSUD Beriman Balikpapan, Nitra Ayu Utami, pihkanya mewakili para nakes menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah atas upaya pemberian vaksin Covid-19 kepada para tenaga kesehatan.

"Pemberian suntikan vaksin Covid-19 sangat diperlukan karena nakes adalah salah satu garda terdepan dalam menghadapi pandemi ini. Sebagai gambaran, di RSUD Beriman pernah mengalami lockdown di Instalasi Gawat Darutat (IGD) sebanyak dua kali di awal pandemi karena banyaknya nakes terpapar Covid-19," ungkapnya.

Dengan adanya program vaksinasi, ia melanjutkan, tingkat terkonfirmasi positif Covid-19 pada nakes di Kota Balikpapan kian menurun. Serta kepercayaan diri bagi para nakes kian meningkat.

"Seiring dengan vaksinasi yang telah diterima nakes, kami sudah dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal," tandasnya. (diskominfo/ cha/editor:mgm)