HUT Ke-75 TNI Angkatan Udara, Lanud Dhomber Gelar Upacara Terbatas

BALIKPAPAN - Pangkalan Udara (Lanud) Dhomber Kota Balikpapan Jumat (9/4/21) melaksanakan upacara dalam rangka HUT Ke-75 TNI Angkatan Udara. Upacara dilaksanakan di Mako Lanud Dhomber Balikpapan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Hadir Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi sebagai inspektur upacara. Dalam kesempatan ini TNI AU juga memberikan penghargaan kepara tiga prajurit Lanud Dhomber Balikpapan yang berprestasi. Penyemangat penghargaan dilakukan Wagub Kaltim didampingi Danlanud Balikpapan.

Wagub dalam amanat upacara membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI AU Prasetyo. Ia menyampaikan, TNI AU harus melihat dinamika startegis dalam kurun waktu 1 hingga 2 dekade terakhir yang terus berkembang.

Menurutnya ke depan tantangan akan terus bergerak maju, seiring perkembangan teknologi yang tak bisa diprediksi. "TNI AU pun mendapat berbagai macam tantangan yang juga semakin kompleks dan pernah terbayang sebelumnya," ungkap wagub.

Terlebih, lanjutnya, ancaman tidak hanya bersifat liner, tapi juga bersifat hibrida dan asimetris, yang bahkan perkembangan dengan persenjataan non kinetik. Kau harus bisa beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi.

"Berangkat dari akan hal itu saya bertekad mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan, yakni TNI AU yang bisa bertransformasi dan senantiasa mampu mewujudkan diri sebagai airpower dalam era yang dihadapi saat ini,” jelasnya.

Terlebih lagi kehadiran TNI AU menjadi faktor pendorong pembangunan nasional yang berkesinambungan, dimana kunci mencapainya kembali kepada SDMnya angkatan TNI AU. "Sebagai generasi penerus kita harus wujudkan TNI AU yang disegani," imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto, Kasdam VI Mulawarma Brigjen Erwin, GM AP I Balikpapan, Asisten Tata Pemerintahan Pemkot Balikpapan, pimpinan DPRD Balikpapan, serta sejumlah perwakilan perusahaan,m dan media.

Usai upacara, Komandan Lanud Dhomber Balikpapan Kol Dedy Susanto memberikan plakat kepada Wagub Kaltim. Dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang diberikan kepada prajurit Lanud Dhomber Balikpapan berpretasi. (diskominfo/ cha/mgm)