Baznas Balikpapan Serahkan Laporan Keuangan 2020 pada Wali Kota

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan melaksanakan audiensi bersama Pimpinan Baznas Balikpapan, terkait penyerahan Laporan Keuangan Tahun Buku 2020 di Vip Room Pemkot Selasa (27/4/21).

Laporan tersebut sebelum disampaikan pada wali kota juga telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).

Laporan diserahkan oleh Ketua Baznas Sarjono kepada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Kepala Baznas mengungkapkan, laporan tahunan ini sesuai ketentuan UU no 23 tahun 2011 dan PP 14 tahun 2014. Yang mana baznas wajib menyampaikan laporan kepada wali kota tiap tahunnya.

"Kami program tiap tahunnya ada empat. Pertama pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan dakwa serta advokasi. Ini untuk pendidikan biasanya ada beasiswa atau pemberian bantuan untuk anak-anak yang tidak bisa membayar sekolah," beber Sarjono.

Untuk kesehatan, biasanya diberikan bantuan berobat, misalnya. Ia juga memaparkan bahwa di bulan Ramadan ini melaksanakan kegiatan paket Ramadan berkah.

"Ini seribu paket dan sudah berjalan. Namun tidak melalui kecamatan untuk menghindari kerumunan. Kita titipkan di kelurahan. Dari kelurahan yang mengatur jadwal giliran mengambil," tutur Sarjono.

Baznas juga akan menggelar kerjasama dengan PKK Kelurahan. Yaitu bantuan untuk anak dhuafa di kelurahan, namun melalui PKK. "Insya Allah nanti dengan ibu Arita Rizal Effendi, Ramadan ini juga," ujarnya.

Sementara Wali Kota Rizal Effendi menyambut baik atas kedatangan Baznas. Karena secara kelembagaan Baznas Balikpapan sudah secara rutin memberikan laporan.

"Mudahan bisa ditiru oleh lembaga zakat lain. Ini demi akuntabilitas badan amil zakat kepada pembayar zakat," ungkap Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. (diskominfo/ cha/mgm)