Safari Ramadan Ketiga di Masjid Madinatul Iman, Sekaligus Peringati Nuzulul Qur'an

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan kembali melaksanakan Safari Ramadan yang ketiga, Rabu (28/4/21) malam. Berlokasi di Masjid Madinatul Iman atau Balikpapan Islamic Center (BIC).

Dirangkai dengan kegiatan Nuzulul Qur’an, dihadiri Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, menghadirkan penceramah KH. M. Jailani Mawardi.

Di mulai dengan salat Isya berjamaah, berlanjut salat Tarawih berjamaah. Ceramah dan penyerahan souvenir disampaikan usai salat. Souvenir terdiri dari 1 unit vacum cleaner, perlengkapan salat serta Alquran.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya mengungkapkan, Pemkot Balikpapan melaksanakan Safari Ramadan yang dirangkai dengan peringatan Nuzulul Quran.

“Ramadan yang hari ini memasuki hari ke-16, yang setiap tahunnya kita peringati sebagai Nuzulul Quran. Alhamdulillah kita semua masih bisa beribadah dan melaksanakan tarawih ,berjamaah,” Kata Wali kota Rizal Effendi.

Dirinya meminta masyarakat untuk teguhkan komitmen menjalankan tugas sebagai manusia, yaitu untuk menciptakan kebaikan dan tidak membuat kerusakan di muka bumi sebagaimana yang dituntunkan dalam kitab suci umat muslim tersebut.

Wali Kota mengungkapkan, tugas manusia adalah membangun tatanan sosial yang rukun. Tatanan sosial yang damai serta Yang meningkatkan kesejahteraan yang dirasakan oleh semua kalangan.

"Hikmah lain dari Nuzulul Quran adalah berusaha meneladani Rasulullah SAW yang berhasil menyatukan perbedaan di antara umatnya, tidak dengan kekerasan, tidak dengan paksaan, tidak dengan kebencian tapi melalui ajaran cinta kasih dan saling menghargai,” ungkapnya.

Ia juga kembali mengingatkan jamaah untuk tetap mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka menekan dan mencegah penyebaran Covid-19.

"Sekali lagi, saya ingatkan kepada seluruh masyarakat Balikpapan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19," tutupnya. (diskominfo/ cha/mgm)