Safari Ramadan di Masjid At Taqwa Dirangkai Vaksin untuk Lansia

BALIKPAPAN - Pemkot Balikpapan kembali melaksanakan Safari Ramadan Senin (3/5/21) malam di Masjid Agung At Taqwa. Pelaksanaan safari kali ini juga dirangkai kegiatan vaksin Covid-19 untuk lansia di halaman masjid. Sekira 140 orang lansia mengikuti vaksinasi tersebut.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan sejumlah kepala Perangkat Daerah di lingkungan pemkot Balikpapan hadir. Wali Kota Balikpapan dalam sambutannya kembali mengingatkan masyarakat terkait Pandemi Covid-19.

"Bisa jadi pandemi Covid-19 yang masih terjadi merupakan cobaan dari Allah SWT. Sehingga manusia diminta untuk meningkatkan ketaqwaan dan ibadahnya. Pandemi ini menyerang semua aspek, bukan hanya kesehatan tapi juga ekonomi. Mungkin kita diminta untuk senantiasa berdoa dan berikhtiar agar pandemi ini segera berlalu," ungkapnya kepada para jamaah.

Ia pun menekankan agar masyarakat selalu melaksanakan protokol kesehatan dan mengikuti kegiatan vaksinasi. Menurutnya vaksin menjadi satu cara mencegah penyebaran covid-19.

"Namun karena masih terbatas sehingga mereka yang divaksin belum bisa semua ada skala prioritas," kata Rizal. Pasalnya di Balikpapan dari 400 ribu orang yang masuk kategori sebagai penerima vaksin, baru 50 ribu orang yang telah disuntik vaksin.

"Diantaranya ada 7.900 lansia yang sudah divaksin. Tapi tetap harus diingat, vaksin hanya mampu meningkatkan atau melindungi tubuh sekitar 65 persen. Jadi prokes memang perlu dilaksanakan meski sudah pernah divaksin," tegasnya.

Apalagi angka kasus kematian di Balikpapan semakin tinggi, dari standar nasional 2,7 persen, di Balikpapan 3,4 persen setiap hari ada yang meninggal antara dua sampai empat orang. ICU rujukan Covid-19 di 11 rumah sakit sekarang terisi 40 persen.

"Mohon betul kalau ada keluarga terkena covid-19 kalau anjurannya dibawa ke rumah sakit harus segera dilaksanakan jangan ditahan-tahan," tambahnya.

Sementara, Pengurus Masjid Agung At Taqwa, Solehuddin Siregar memberi apresiasi kepada pemkot Balikpapan yang telah memberi kesempatan kepada jamaah masjid yang berusia lansia untuk mengikuti kegiatan vaksinasi.

“Dari data kami hingga sore tadi yang sudah mendaftar berjumlah 141 orang, mudah-mudahan dengan pemberian vaksin ini mencegah penyebaran covid-19 di Kota Balikpapan," tutup Siregar.

Seperti biasa, dalam Safari Ramadan ini Pemkot Balikpapan juga menyerahkan bingkisan dan souvenir berupa 1 unit vacum cleaner dan perlengkapan salat. Juga Alquran dari Baznas Kota Balikpapan. (diskominfo/ cha/mgm)