Wali Kota Dukung Program Pertamina RU V dan Kampoeng Literasi Gajah Mada

BALIKPAPAN - Pertamina RU V Bekerja Sama Dengan Kampoeng Literasi Gajah Mada Balikpapan, melaksanakan penguatan progam bantuan dan peluncuran buku di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Annisa Balikpapan, Rabu (5/5/21).

Kegiatan ini merupakan program CSR PT Pertamina RU V yang juga bertepatan dengan HUT TBM Annisa ke-10 dan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei lalu. Dalam kesempatan ini, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi hadir didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Sambutan pertama disampaikan Pengelola Taman Baca Rulita Aminuddin. Ia mengucapkan terimakasih pada Wali Kota Balikpapan yang telah mendukung kegiatan literasi tersebut.

Kegiatan ini juga melalui dukungan Kepala SKB Balikpapan Selatan, Lurah Klandasan Ilir, Ketua RT 09, dan pegiat literasi, dari TBM PAUD dan komunitas literasi.

Momen ini juga dalam rangka HUT ke-10 TBM Annisa. Menurutnya berkat bantuan kemitraan dari Pertamina, kegiatan literasi dari tahun ke tahun bisa lebih berkembang.

"Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Semuanya juga membantu kami melalui Balai Pustaka," ungkapnya.

Dengan bantuan berupa Edu Balai Pustaka, TBM Annisa kini memiliki koleksi buku digital yang jumlahnya sekitar 500 novel sastra, dan beberapa buku pelajaran serta banyak hal lain yang bisa diakses.

Ia berharap program tersebut bisa diakses masyarakat dan komunitas literasi Balikpapan. "TBM Annisa ini sepertinya adalah yang pertama memiliki buku konvensional dan digital," katanya.

Dari Pertamina RU V, Area Manager Communication & CSR, Ely Chandra juga menyampaikan sambutannya. Program ini adalah program kerjasama sejak 2019. "Kami berharap semoga program ini bisa memberikan kontribusi pada masyarakat sekitar kita," katanya.

Menurutnya pada 2021 ada beberapa program yang dikerjasamakan. Antara lain penataan Kampung literasi. Meliputi pengadaan boks baca dan rak buku, pembuatan buku antologi, nantinya diharapkan juga ada community Center.

"Untuk yang satu ini karena pandemi mungkin masih terbatas. Nantinya ada gerobak baca dan tempat untuk ngopi," katanya.

Pihaknya juga telah tiga kali melaksanakan pelatihan literasi. Kemudian memperkuat kelembagaan dengan pengurusan legalitas TBM Annisa.

"Sebagai bentuk energi antara BUMN, kami juga ada program dengan Balai Pustaka. Buku digital. Adalah sekitar 500 buku secara digital bisa diakses. Seperti jaringan lokal bisa digunakan di 20 komputer," ungkapnya.

Dirinya berharap program-program tersebut bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh warga Klandasan Ilir. Juga TBM Annisa bisa menggerakkan masyarakat sekitar untuk literasi di wilayah tersebut.

Sementara Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan senang bisa datang ke TBM Annisa. Dirinya berharap ini bisa jadi bentuk peningkatan literasi bagi masyarakat Balikpapan.

"Sekarang membaca tak hanya melalui buku konvensional tetapi juga melalui digital. Itu membuat anak-anak jauh lebih cepat belajarnya," tandasnya. (diskominfo/ cha/mgm)