Kepala Dinas Kesehatan Hadiri Peresmian Pelayanan GeNose Pelabuhan Semayang

BALIKPAPAN - Pelindo IV Balikpapan secara resmi telah menyediakan jasa pelayanan tes GeNose di Pelabuhan Semayang per 15 Juni 2021 ini. Dalam peresmian tersedianya pelayanan GeNose ini hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mewakili Pemerintah Kota Balikpapan.

Dirinya mengapresiasi langkah Pelindo di Pelabuhan Semayang yang telah menyiapkan pelayanan tes GeNose. Karena memang penumpang di pelabuhan tersebut kerap tak membawa hasil rapid antigen sebagai syarat pelaku perjalanan saat akan berangkat.

"Sehingga sangat baik di pelabuhan sudah ada layanan yang memudahkan akses masyarakat untuk dilakukan pemeriksaan GeNose," ujar Dio, sapaan Andi Sri Juliarty, Selasa (15/6/21).

Sementara, GM Pelindo IV Balikpapan, Iwan Sjarifuddin mengatakan, pada saat penumpang kapal akan berangkat, terlebih dahulu mereka akan membeli tiket, untuk itu mereka harus melampirkan hasil pemeriksaan tes antigennya baru bisa dilayani pembelian tiket.

"Jika belum ada tes antigen, maka bisa menggunakan hasil dari pemeriksaan GeNose," akunya.

Untuk harga pemeriksaan GeNose di Pelabuhan Semayang itu sekitar Rp 40 Ribu untuk sekali pemeriksaan dan bisa melayani hingga 1.000 GeNose dalam sehari.

"Kalau ada yang positif saat pemeriksaan GeNose maka akan dicek lagi dengan GeNose, jika masih juga positif maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan antigen," tuturnya. (diskominfo/ cha/mgm)