Terbaik, Balikpapan Terima 15 Panji-Panji Keberhasilan di HUT Provinsi Kaltim

SAMARINDA - Kota Balikpapan menjadi Kota penerima panji-panji keberhasilan terbanyak dalam Upacara Peringatan HUT Ke-65 Provinsi Kalimantan Timur, Senin (10/1/2022) di Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Kota Samarinda. Kota Balikpapan memperoleh peringkat pertama di 15 kategori.

Total, Balikpapan berhasil masuk di tiga besar pada 27 kategori dari total 55 kategori. Sejumlah panji-panji keberhasilan yang berhasil diperoleh Balikpapan antara lain di bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia, sektor industri, koperasi dan UKM, keolahragaan, bidang lingkungan hidup, bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, bidang daya saing daerah.

Kemudian penyelenggaraan Adminduk dan Capil, penyelenggaraan penanggulangan bencana daerah, Bidang Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terintegrasi di Provinsi Kalimantan Timur, Bidang Pengelolaan Keuangan Daerah, bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten), Bidang Pelayanan Publik Kategori Kota, Bidang Tim Penggerak PKK Berprestasi Kategori Kota, Bidang Trantibum Umum, Trantibum dan Linmas Kategori Kota.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud secara langsung menerima secara simbolis penghargaan panji-panji keberhasilan dari Gubernur Isran Noor di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Dari total 27 perolehan Balikpapan, 15 diantaranya peringkat pertama, 6 peringkat kedua, dan 6 peringkat ketiga. Wali Kota Rahmad Mas'ud mengungkapkan, ini adalah prestasi yang sudah sewajarnya diperoleh Kota Balikpapan. Keberhasilan ini, menurut dia berkat dukungan semua masyarakat Balikpapan dan seluruh pihak di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

"Panji-panji keberhasilan ini terkhusus saya ucapkan terima pada seluruh warga Balikpapan, stakeholder yang terlibat di dalamnya dan mensukseskan," katanya.

Perolehan panji-panji keberhasilan bukan perlombaan. Namun ini adalah tolak ukur, bahwa seluruh pihak yang terlibat sudah bekerja keras dan berbuat yang terbaik untuk kota tercinta.

"Ke depan semoga lebih baik lagi. Menuju Balikpapan sebagai kota yang nyaman dihuni, maju, sejahtera dalam bingkai Madinatul Iman," ungkap Wali Kota Balikpapan.

Sementara, dalam perayaan HUT Ke-65 Provinsi Kalimantan Timur, Gubernur Isran Noor berharap kedamaian dan keharmonisannya tetap terjaga. Kerjasama semua pihak terjalin dengan baik.

"Juga Gubernur, dan semua orang dalam mencapai sebuah tujuan, disesuaikan kondisi lingkungan strategis. Supaya tetap damai dan harmonis Kalimantan Timur," ungkapnya.

Juga terkait Kaltim yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN), menurutnya mesti disiapkan sebaik mungkin. Kita mulai tahun ini juga menyiapkan untuk mendukung pemindahan IKN ini," tuturnya.

Kapasitas yang dimiliki provinsi, lanjut dia, disesuaikan dengan instruksi pemerintah pusat. "Kita masih menunggu sampai dengan disahkannya undang-undang IKN," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan ini Balikpapan juga memperoleh bantuan berupa mobil pelayanan keliling Administrasi Kependudukan (Adminduk). Tujuan bantuan tersebut adalah untuk mendukung operasional, sehingga Kabupaten/ Kota dapat optimal dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat di seluruh wilayah Kaltim.

5 (lima) Kabupaten/Kota yang tahun ini menerima bantuan mobil Adminduk yakni, Kabupaten Berau, Kabupaten Mahakam Ulu, Kota Balikpapan, Kota Samarinda dan Kota Bontang. (diskominfo/ cha/mgm)

Foto: Diskominfo/Azmi Fadel