Kabupaten Kotabaru dan Barru Laksanakan Kunjungan Kerja ke Pemkot Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan menerima kunjungan kerja Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Bupati Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (11/01/2022) di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan.

Wali Kota Rahmad Mas'ud menerima kunjungan bersama, Sekretaris Daerah, Sayid Fadly; Asisten Tata Pemerintahan, Syaiful Bahri; Asisten Administrasi Umum, Arbain Side dan pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Wali Kota mengatakan, kunjungan kedua Bupati tersebut adalah untuk menjalin kerjasama, khususnya di dunia pelayaran angkutan laut. “Kami menyambut baik komitmen dan niat baik Bupati Kotabaru dan Bupati Barru,” ungkap Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Wali Kota Balikpapan menyambut baik kedatangan Bupati Kotabaru, Sayed Jafar Alydrus dan Bupati Barru, Suardi Saleh. Ia menyampaikan, jajaran pejabat di lingkungan Kota Balikpapan antusias menyambut kedua bupati.

Karena ini momentum menjalin kerjasama dan mencari potensi apa yang bisa dikerjasamakan. "Tentunya Balikpapan sebagai kota jasa, kota perdagangan, perlu dukungan dari daerah di sekelilingnya. Tak terkecuali Kotabaru dan Barru yang akan membantu menyokong perekonomian di Balikpapan," katanya.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alydrus menyampaikan, kunjungan ini untuk membicarakan rute penyeberangan kapal atau tol laut yang rencananya akan dioperasikan dari Kotabaru-Palu Mamuju-Bontang- Balikpapan.

Menurutnya, ada empat provinsi dan lima kabupaten kota yang akan dilewati. Tujuan kerjasama yang menghubungkan beberapa Kabupaten dan Provinsi, apabila sudah dibuka adalah untuk mendekatkan daerah supaya menjadi Kota perdagangan.

"Sehingga dapat memberikan hubungan baik dari sisi perdagangan dan juga memudahkan orang untuk berkunjung. Yang menjadi kebanggaan besar bahwa kapal yang akan beroperasi nantinya ciptaan dari Balikpapan,” tuturnya.

Hal senada disampaikan, Bupati Barru, Suardi Saleh. Ia berharap agar kerjasama ini dapat berjalan lancar. Ia menyebut, sesuai SK Dirjen Perhubungan Darat, Balikpapan, yakni Kariangau ke Barru sudah ditetapkan sebagai rute pelayaran perintis.

"Sehingga akan mempermudah kerjasama. Kita hadir di tempat ini, harapannya agar rencana kita bisa berjalan dengan lancar," tandasnya. (diskominfo/ cha/mgm)