Wali Kota Lantik BPPD Balikpapan Periode 2021-2025, Siapkan Program Jangka Panjang dan Pendek

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan melantik Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Balikpapan Periode Tahun 2021-2025, Kamis (3/12/2022) di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan. Para pengurus antara lain adalah pengusaha dan pengelola transportasi atau travel, perhotelan, dan pusat perbelanjaan. 

Menjabat sebagai Ketua BPPD Balikpapan, Joko Purwanto. Ia mengungkapkan, badan promosi ini adalah satu amanah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009. Bahwa harus dilakukan dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk pengembangan industri pariwisata. 

"Sebelum pandemi pariwisata telah menempati peringkat kedua setelah CPO, bahkan hampir mengejar. Sehingga dengan dikukuhkannya BPPD Balikpapan ini, kita akan bangkit," tegas Joko.

Menurutnya Badan Promosi Pariwisata ini bertugas membantu kepala daerah untuk mempromosikan Kota Balikpapan. 

"Pariwisata menjadi salah satu program unggulan pak wali kota. Kami siap untuk menyukseskan. Sukses Wali Kota dan sukses ekonomi Balikpapan. Itu pasti," ungkapnya. 

Ia juga menyebutkan, dengan adanya ibu kota negara (IKN) baru, Balikpapan akan menjadi teras. Akan banyak event yang dilaksanakan di Balikpapan. Sehingga promosi pariwisata ini kemudian menjadi tugas bersama, termasuk organisasi perangkat daerah di Balikpapan.

"Sebenarnya yang menjadi daya tarik pariwisata di kota Balikpapan salah satunya adalah kuliner. Terutama produk lautnya yang selalu fresh, enak, semua ada di Balikpapan," ungkapnya. 

Ke depannya, BPPD memiliki program untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya wisatawan ke kota Balikpapan. Ia menyebut, akan ada program, mulai dari website, promosi langsung maupun melalui media cetak dan elektronik. 

"Bagaimana kita bisa membangkitkan kembali Balikpapan, yang selama pandemi terpuruk. Saya yakin Balikpapan punya magnet, terutama karena adanya IKN," jelasnya.

Balikpapan bisa berkembang di pariwisata. Nantinya destinasi diharapkan akan berkembang dan tumbuh, seiring dengan bertambahnya orang di Balikpapan.

"Kita juga akan mengadakan Borneo travel Mart untuk wisatawan mancanegara. Yang targetnya di 2023. Ini jangka panjang," tuturnya. 

Sementara, Wali Kota Rahmad Mas'ud meyakini dengan semangat bersama bisa membangun kembali pariwisata di kota Balikpapan. Iya juga menyampaikan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik. 

"Seperti yang disampaikan bapak ketua tadi, dunia pariwisata, jauh sebelum pandemi, bahwa negara-negara maju dan kaya arahnya semua ke pariwisata," kata Wali Kota Rahmad Mas'ud. 

Para pengurus merupakan orang-orang yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Diharapkan ke depan bisa membangkitkan pariwisata Kota Balikpapan. "Kita bersama, bahwa selama menjabat ini saya akan mendukung 100 persen pariwisata di Balikpapan," ungkapnya. 

Karena jika pariwisata membaik, maka perekonomian akan tumbuh. Mal, perhotelan, dan UMKM adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

"Kepada para pengurus saya menyampaikan, insyaallah bisa meningkatkan pariwisata di kota Balikpapan dan menghasilkan pendapatan daerah untuk Balikpapan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)