Lomba Pembuatan Aplikasi, 10 Finalis Presentasikan Karya pada Dewan Juri


BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah melaksanakan lomba pembuatan aplikasi sebagai rangkaian HUT ke-125, dengan tema Digitize Our City.

Lomba ini berlangsung mulai 29 Desember hingga 31 Januari lalu. Terdiri dari dua kategori, yakni aplikasi untuk anak usia dini dan aplikasi layanan masyarakat untuk Pemerintah Kota Balikpapan.

Dari masing-masing kategori kemudian dipilih lima orang finalis untuk mempresentasikan karya mereka kepada dewan juri pada Minggu (8/2/2022) di Creative Center, Gedung Parkir Klandasan.

Kegiatan ini dibuka Plt Kepala Diskominfo Balikpapan, Muhammad Farid Rizal mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Hadir juga jajaran sponsor dan pendukung, antara lain Grab, Bankaltimtara, BRI, Bankaltimtara Syariah, BNI, PDAM, Pertamina RU V, Mandiri, pihak provider dan radio.

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota Balikpapan menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat.

"Balikpapan sebagai salah satu kota yang terbaik dalam hal Smartcity di level nasional. Saat ini Pemerintah Kota Balikpapan juga terus mengembangkan aplikasi pelayanan publik. Dengan aplikasi pelayanan dapat diproses dengan cepat, tepat, transparan dan akuntabel," ungkapnya.

Diharapkan melalui ajang ini bisa menghasilkan masukan yang positif bagi pengembangan aplikasi layanan publik.

"Saya ucapkan selamat pada finalis yang terpilih. Saya percaya bahwa yang terpilih merupakan yang terbaik. Semoga setelah ini peserta dapat terus mengembangkan bakatnya, dan menjadi programmer yang profesional," ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang e-Goverment Diskominfo, Raihana Rahmah menyampaikan, pelaksanaan lomba ini sebagai peluang untuk SDM bidang informasi dan komunikasi untuk mengembangkan kreativitasnya.

"Setelah kami buka pendaftaran dan pengumpulan hasil karya pada 29 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022, dilanjutkan seleksi mulai tanggal 1 sampai 3 Februari 2022," sebutnya.

Usai penetapan finalis dan presentasi karya oleh masing-masing finalis, akan ditetapkan juara dan penerimaan hadiah di Aula Kantor Wali Kota Balikpapan Senin, 7 Februari 2022.

"Peserta yang terlibat adalah 22 orang, dengan rincian 11 peserta di masing-masing kategori. Dan kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat terutama sponsor. Sehingga bisa terlaksana dengan baik," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)