Juri Umumkan Enam Pemenang Lomba Pembuatan Aplikasi Diskominfo

BALIKPAPAN - Sebanyak 10 orang finalis dari dua kategori, dalam lomba pembuatan aplikasi Digitize Our City yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah mempresentasikan karyanya masing-masing pada Minggu (6/2/3/2022) di Balikpapan Creative Center, Gedung Parkir Klandasan.

Dua kategori lomba dalam rangka HUT ke-125 Kota Balikpapan ini meliputi pembuatan aplikasi untuk anak usia dini/sekolah dasar dan aplikasi layanan publik Pemerintah Kota Balikpapan.

Dewan juri yang terlibat pun merupakan pihak-pihak berkompeten di bidangnya, baik internal maupun eksternal Diskominfo Balikpapan. Diantaranya dari Pertamina RU V, I Komang Trisna Jayadi; Indigo space, Istiabudi; ITK, Aidil Saputra Kirsan; serta dari Diskominfo Balikpapan Raihanah Rahmah dan Didik Budianto.

Pengumuman pemenang disampaikan secara langsung usai presentasi para peserta. Perwakilan juri dari Pertamina RU V, I Komang Trisna Jayadi mengungkapkan, seluruh finalis memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

"Menentukan pemenang ini memang susah-susah gampang. Karena kategori penilaian tak hanya satu kriteria saja. Ada yang aplikasi oke, ide luar biasa, presentasi baik. Gabungan dari ini semua membuat kami kesulitan dalam melakukan penilaian," ungkapnya sebelum pemenang diumumkan.

Kendati begitu ia melihat semangat para peserta yang luar biasa, baik dari jenjang SMA maupun peserta senior.

"Luar biasa. Diharapkan juga tahun depan diadakan lagi, silakan ikut lagi. Ide dan kreatifitas ini silakan ditularkan kepada teman-teman, " katanya.

Menurutnya melalui lomba semacam ini bisa mengembangkan digitalisasi di kota Balikpapan. "Ayo kita bersama-sama maju," ujarnya. (diskominfo/cha/mgm)

Berikut nama-nama pemenang Lomba Pembuatan Aplikasi Diskominfo Balikpapan

Lomba Pembuatan Aplikasi Media Pendidikan untuk Anak Usia Dini / Sekolah

1. Yana Febirizaldy : Guru PAUD Apps
2. Ading Intan Aulia S, Christina Wulandari, M. Gilvy Langgawan, Sadriansyah : KOMPEK (Komputerisasi Edukasi Balikpapan)
3. Ade Putri Sarwendah : Aplikasi SEHATI (Edukasi Kesehatan Reproduksi)

Lomba Pembuatan Aplikasi Layanan Publik Pemerintah Kota Balikpapan

1. Bryan Gautama Ngo : Donor Darah Balikpapan
2. Muhammad Rafly Raihan Sumardi : Badu
3. Rahmatullah : InSurat