Pemerintah Kota Berikan Penghargaan untuk Warga Berprestasi dan Peduli Lingkungan

BALIKPAPAN - Panitia HUT ke-125 Kota Balikpapan menggelar kegiatan penyerahan penghargaan kepada sejumlah warga Kota Balikpapan, Senin (7/2/2022) di Aula Kantor Pemerintah Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyampaikan, pemberian penghargaan ini dalam wujud kepedulian dan apresiasi Pemerintah Kota Balikpapan kepada para penerima. Bahwa diantara penerima penghargaan ini juga ada mereka yang berkomitmen menjaga lingkungan Kota Balikpapan.

"Termasuk pemberian pohon dari beberapa perusahaan di kota Balikpapan. Ini sejalan dengan visi dan misi kota Balikpapan untuk membangun Kota yang nyaman dihuni, maju dan modern, serta sejahtera dalam bingkai Madinatul Iman," tuturnya.

Lingkungan selalu digalakkan oleh pemerintah kota Balikpapan, karena kota ini mewakili Indonesia sebagai kota ramah lingkungan tingkat Asia Tenggara. "Ini luar biasa yang diberikan bagi Kota Balikpapan. Ini juga bentuk komitmen kita, mengapa lingkungan harus kita jaga," ungkap wali kota.

Ia juga berterima kasih kepada Ketua DPRD Andi Burhanuddin Solong dan Wali Kota Imdaad Hamid, Karena pada masa mereka menjabat berkomitmen tidak boleh ada pertambangan di kota Balikpapan.

"Ini buah hasilnya. Untuk memperoleh itu bagi beliau mudah, namun yang sulit menjaga dan merawat peraturan tersebut. Sehingga kota Balikpapan tetap terjaga tanpa pertambangan apapun di Kota Balikpapan," jelasnya.

Kegiatan pemberian penghargaan ini, sebenarnya direncanakan saat perayaan HUT Kota Balikpapan nanti. Namun karena pandemik COVID-19 dan keterbatasan, maka diadakan lebih maju. "Dan saat HUT Kota nanti akan kami tampilkan dan disaksikan bersama," katanya.

Sementara, Ketua Panitia HUT Kota Balikpapan, Arbain Side mengungkapkan, pemberian penghargaan ini merupakan salah satu dari 60 kegiatan rangkaian HUT ke-125 Kota Balikpapan tahun 2022. Kegiatan berlangsung sejak November 2021 sampai April 2022.

"Kami juga melaksanakan penanaman 25 ribu pohon yang dimulai 4 Desember 2021. Bertepatan dengan Hari Penanaman Pohon Indonesia yang berlangsung hingga April 2022," terangnya.

Hingga kini sudah ada 17 ribu pohon yang ditanam dari target 25 ribu. Ia meyakini target ini nantinya akan terpenuhi. "Apalagi jika satu PNS menanam satu pohon, target yakin rencana ini akan tercapai," jelasnya.

Sebanyak 125 penerima penghargaan berkaitan dengan lingkungan. Ia juga menambahkan, apabila 125 orang ini juga terlibat dalam penanaman pohon, pasti akan mempercepat pencapaian target.

"Pembagian penghargaan juga berasal dari beberapa aspek, antara lain warga pelopor dan warga berprestasi yang diberikan pada 9 Februari, saat rapat paripurna HUT Kota Balikpapan," bebernya.

Untuk diketahui, pada hari ini, pemerintah kota memberikan 141 penghargaan, 125 orang peduli lingkungan, dan 10 orang peduli kreatif, penanganan bencana, dan COVID-19. (diskominfo/cha/mgm)