Pimpin Upacara Gelar Senja, Plt Sekda Lantik Pengurus Ranting Pramuka Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Plt Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud memimpin upacara gelar senja yang digelar pramuka di Kota Balikpapan, Senin (14/2/2022) di halaman Balaikota. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pelantikan pengurus Kwartir ranting se-Kota Balikpapan.

Plt Sekda, Muhaimin mengungkapkan, kegiatan upacara gelar senja menjadi agenda rutin pramuka di Kota Balikpapan yang akan dilaksanakan setiap tanggal 14 setiap bulannya. Ia menyampaikan, selain pelantikan enam pengurus kwartir ini, juga dilantik Pramuka Garuda Angkatan I tahun 2022.

Gerakan Pramuka ini, menurutnya sebagai komponen bangsa yang memang sesuai dengan amanah undang-undang. Ini juga menjadi bagian pendidikan karakter yang dilaksukan melalui pelatihan kepramukaan.

“Kita harapkan mudah-mudahan dengan anak-anak mengikuti pramuka, dan telibat berbagai kegiatan dapat menanamkan karakter semakin kuat, menjadi generasi yang tangguh, kuat dan berintegritas. Dengan begitu saat mereka terjun ke masyarakat bisa memberikan manfaat bagi orang disekitarnya," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada kwartir ranting tergiat tahun 2021. Untuk tergiat pertama diraih kwartir ranting Balikpapan Tengah, tergiat kedua diraih kwartir ranting Balikpapan Timur dan tergiat ketiga diraih kwartir ranting Balikpapan Selatan.

Sementara, Sekretaris Kwarcab Pramuka Balikpapan, Budi berharap, kwartir ranting yang baru dilantik dapat berbuat lebih baik lagi dari pada pengurusan sebelumnya. Terlebih dengan adanya bantuan dana hibah dari pemkot. "Ini benar-benar kami manfaatkan," imbuhnya.

Rencananya di tahun 2022 ini juga akan ada kegiatan nasional dan persiapan lomba tingkat lima yang dilaksanakan di Cibubur dan jambore nasional, pransaka, petikara nasional, sehingga banyak kegiatan nasional yang sempat tertunda di tahun 2021 akan dilaksanakan di tahun 2022 ini.

“Jadi gerakan pramuka Kota Balikpapan tentunya juga bersiap-siap untuk mensukseskan tahun 2022, akan ada seleksi baik dari tingkat gugus depan, ranting, cabang dan daerah,” tandas Budi. (diskominfo/cha/mgm)