Pemkot Balikpapan Laksanakan Seleksi Terbuka untuk 10 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balikpapan melaksanakan seleksi terbuka untuk mengisi 10 jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Seleksi ini terbuka bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan.

Kepala BKPSDM Kota Balikpapan, Sri Wahjuningsih mengungkapkan, sepuluh jabatan pimpinan tinggi (JPT) tersebut adalah formasi yang kini mengalami kekosongan sehingga sementara diisi oleh Pelaksana teknis (Plt). Yaitu Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika; Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu; Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman; Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang.

Kemudian Kepala Dinas Pemuda, Olah raga dan Pariwisata; Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana; Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik; Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan; serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi seperti berstatus Pegawai Negeri Sipil, pendidikan minimal sarjana atau diploma, memenuhi kompetensi dan memiliki pengalaman jabatan dalam bidang terkait minimal lima tahun. Selain itu sedang atau pernah menduduki jabatan administrator atau jabatan fungsional ahli madya minimal dua tahun. Usia juga tidak boleh lebih dari 56 tahun per 31 Mei 2022," urainya (16/2/2022).

Selain itu mereka juga harus memenuhi persyaratan khusus. Diantaranya sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina, mendapat rekomendasi dari pejabat pembina kepegawaian, tidak sedang menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan diprioritaskan telah mengikuti pendidikan dan pelatihan Kepemimpinan Tk. III/Pelatihan Kepemimpinan Administrator.

"Pendaftaran ini kami lakukan secara online, dibuka mulai tanggal 16 Februari 2022 dan ditutup tanggal 25 Februari 2022," sebut Yuyun, sapaan Sri Wahjuningsih.

Ditambahkannya, untuk tata cara pendaftaran dapat melihat website bkpsdm.balikpapan.go.id atau balikpapan.go.id. Link pendaftaran juga dapat mengakses website BKPSDM Balikpapan.

"Jadi tahapannya nanti, setelah pengumuman, 16 Februari, selanjutnya penerimaan berkas yang dibuka sampai 25 Februari. Seleksi administrasi dilaksanakan tanggal 1 dan 2 Maret, lalu hasilnya akan diumumkan esok harinya," sebut Yuyun.

Setelah pengumuman akan dilakukan assesmen pada 14-18 Maret, dilanjutkan Seleksi Penulisan Makalah 21-22 Maret. Kemudian presentasi dan wawancara dengan panitia seleksi 29 Maret-4 April. "Pengumuman hasil seleksi 5 April, dan rencana pelantikan 31 Mei," imbuhnya.

Pihaknya berharap, nantinya peserta seleksi dapat aktif mengakses website karena seluruh informasi akan disampaikan di sana. "Apalagi kondisi saat ini masih dalam masa pandemik COVID-19. Sehingga seluruh tahapan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)