Wali Kota Harap Duta Wisata Manuntung 2022 Berperan dalam Pemasaran dan Pariwisata Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyambut para finalis Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan 2022, Senin (7/3/2022) di Ruang Rapat I Balaikota Balikpapan. Para anak muda ini berkesempatan memperkenalkan diri pada Wali Kota Balikpapan.

Dalam audiensi tersebut, Wali Kota Rahmad Mas'ud menyampaikan bahwa duta wisata memiliki peran penting untuk mendukung strategi pemasaran pariwisata suatu daerah. Termasuk, menyampaikan kepada masyarakat luas keunggulan yang dimiliki suatu daerah.

"Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan tahun 2022 diharapkan dapat bersinergi dengan Pemkot Balikpapan untuk bisa memperkenalkan Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya Balikpapan kepada masyarakat luas," ungkap wali kota dalam sambutannya.

Mereka diharapkan dapat berinovasi, sehingga memberikan kontribusi bagi Kota Balikpapan khususnya di bidang pariwisata. Selain itu juga, yang terpenting Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan harus mengetahui sejarah Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Kota Balikpapan.

"Anda harus pahami kultur, budaya adat istiadat Kota Balikpapan. Itu harus dikuasai. Bagaimana sejarah peradaban kita. Karena orang dari daerah lain maupun negara luar akan berdatangan sehingga anda bisa memperkenalkan," ungkapnya.

Para duta wisata ini nantinya akan banyak berinteraksi dengan sesepuh Kota Balikpapan untuk lebih mendalami. "Ini (sejarah) yang kalian tidak dapat di bangku sekolah atau kuliah," imbuhnya.

Tak hanya itu, Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) tentunya anak-anak Kota Balikpapan harus mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk mampu bersaing. Melalui Duta Wisata, dapat mengasah kemampuan SDM yang dimiliki anak-anak Kota Balikpapan.

"Jangan sampai kita menjadi penonton. Kita bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait selalu mensosialisasikan agar anak-anak Kota Balikpapan dapat berinovasi, sehingga mampu bersaing. Kita harus persiapkan diri dari sekarang seperti yang dilakukan duta wisata ini," ujarnya.

Selain itu menurut Wali Kota, selain pengetahuan yang baik, adab atau akhlak yang baik juga tak kalah penting. Pasalnya, anak yang beradab itu mengalahkan anak pintar.

"Kita ingin memperlihatkan kepada Bangsa Indonesia, bahwa anak-anak Kota Balikpapan adalah anak-anak yang beragama dan mempunyai karakter yang mampu memanfaatkan potensi yang ada didalam diri kita," paparnya.

Kesempatan menjadi duta wisata ini merupakan peluang untuk menyalurkan bakat yang dimiliki. Ia juga berharap mereka mampu membawa dan mengenalkan Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan baik di kancah nasional maupun internasional.

"Berbuatlah sebaik-baiknya. Berbuat baik itu biasa tapi menjadi yang terbaik itu luar biasa," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Agus Budi Prasetyo menyampaikan, ada 136 orang yang mendaftar sebagai peserta Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan tahun 2022. Namun, yang memenuhi persyaratan administrasi berjumlah 100 orang.

Selanjutnya dilakukan seleksi menjadi 24 orang yang terbagi 12 laki-laki dan 12 perempuan. "Ini ada seleksi lagi, pada waktu seleksi ada penilaian-penilaian dan yang terpilih hanya 19 orang yakni delapan putra dan delapan putri ditambah satu putri pariwisata," pungkasnya.

Pemilihan Duta Wisata akan berlangsung di Gedung Kesenian pada tanggal 12 Maret 2022 melalui Hybrid. Sebelumnya para finalis akan melakukan karantina di Hotel Maxone sejak tanggal 10-12 Maret 2022. (diskominfo/cha/mgm)