PPPK Guru Pemkot Balikpapan Siap Bertugas, Menunggu Keluarnya Nomor Induk

BALIKPAPAN - Proses pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) khususnya guru di Kota Beriman sudah usai, dan pelamar yang telah lolos sudah siap bekerja. Langkah selanjutnya, mereka harus menunggu pengusulan nomor induk dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Balikpapan Sri Wahjuningsih mengatakan, proses rekrutmen PPPK ini telah berjalan sejak tahun lalu.

"Saat ini tahapan yang belum rampung yaitu menunggu nomor induk keluar. Walaupun sebenarnya kebutuhan PPPK ini masih begitu besar, terutama untuk mengisi kekurangan guru," jelasnya.

Pihak BKPSDM Kota Balikpapan selanjutnya menunggu kembali, kapan ada pengadaan PPPK. "Namun kalau pun ada kemungkinan yang banyak dibutuhkan masih guru,” imbuhnya.

Yuyun, sapaan Sri Wahjuningsih, mengatakan, jika melihat PPPK guru tahun lalu saja total peserta yang lolos sekitar 500-an orang. Dengan begitu PPPK guru di masa mendatang masih cukup banyak.

"Saya belum cek kembali detail total kebutuhannya. Tapi tahun lalu saja sebanyak itu,” imbuhnya. Dia menambahkan untuk proses rekrutmen kembali, pihaknya tidak bisa serta merta langsung mengadakan seleksi.

Pihaknya harus menunggu informasi dari pemerintah pusat, sama seperti pengadaan PPPK sebelumnya. Dia menjelaskan, menurut peraturan pemerintah yang ada, status pegawai ASN terbagi dua yakni PNS dan PPPK. "Berdasarkan PP, yang dimaksud PPPK merupakan jabatan fungsional, bukan tenaga administrasi," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)