Seleksi Terbuka JPT Pratama Pemkot Balikpapan Memasuki Tahap Asesmen

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud membuka pelaksanaan Asesmen Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan Tahun 2022, Senin (14/3/2022) melalui virtual. Saat ini seleksi terbuka JPT memasuki tahap asesmen yang berlangsung di gedung Assessment Center UPT Penkom BKD Prov Kaltim di Samarinda.

Dalam sambutannya, wali kota menyampaikan bahwa ia menyambut baik penyelenggaraan asesmen ini. Agar jabatan yang kosong dapat diisi oleh pejabat yang paling tepat guna, sesuai dengan pasal 131 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara.

"Saya berharap kepada peserta yang mengikuti asesmen dapat memenuhi kriteria. Bukan hanya memenuhi syarat administrasi. Namun yang tidak kalah pentingnya, harus memahami permasalahan yang terkait dengan bidangnya," harapnya.

Ia juga ingin, peserta seleksi memiliki visi-misi serta rencana kerja yang terukur pada posisi yang ingin dituju. Dari asesmen ini, ia berharap didapatkan pemetaan aparatur pejabat yang diyakini memahami tanggungjawab dan tugas pokoknya dan memiliki kompetensi dan inovask untuk mempercepat pencapaian pemerintah daerah.

"Selain itu yang juga penting adalah leadership serta visi dan misi, karena mereka akan mengemban tugas dan pekerjaan yang depannya yang akan semakin banyak dan berat. Apalagi Balikpapan sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN)," urainya.

Balikpapan dianggap memerlukan pejabat yang memahami betul kondisi di lapangan pada setiap bidang, guna merespon harapan masyarakat. Sekaligus juga menangkap peluang dengan menggali serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh Kota Balikpapan.

"Saya ucapkan selamat menjalani asesmen kepada seluruh peserta. Saya meyakini dengan pengalaman dan kecakapan yang dimiliki, saudara bisa mendapatkan hasil terbaik," pungkasnya. (diskominfo/cha/mgm)